Apa Penyebab Radang Amandel pada Anak?

Ilustrasi (foto : internet)

AMANDEL atau tonsilitis sering sekali dialami anak-anak. Tak pelak hal ini membuat orangtua khawatir, apalagi ketika peradangan di tenggorokan itu terjadi.

Tapi Bunda pasti tidak memahami penyebabnya pastinya. Ternyata radang amendel terjadi akibat infeksi bakteri yang harus segera disembuhkan, agar tidak mengganggu waktu bermain anak-anak.

“Amandel terjadi karena virus dan bakteri. Kumannya bisa menyebar lewat darah yang menyebabkan peradangan,” terang Spesialis Anak dari RS Evasari Jakarta dr Darmady Darmawan SpA, saat ditemui Okezone di ruang praktiknya, belum lama ini.

Gejala jika si kecil menderita amandel yaitu sering sakit tenggorokan, bau mulut, sering demam, badan panas dingin, sakit kepala, sakit telinga, nyeri leher, hingga munculnya kelenjar getah bening.

dr Darmady menambahkan, bila si kecil mengalami radang amandel, Bunda harus mengontrol kondisinya. Jangan sampai radang tersebut kambuh karena berbagai faktor.

“Amandel bisa kambuh dan sakit karena radang. Kambuhnya benar bisa dari makanan yang bikin tenggorokan gatal, bahkan tonjolan amandelnya merah dan membesar,” pangkasnya.

http://lifestyle.okezone.com/read/2017/02/09/481/1613355/apa-penyebab-radang-amandel-pada-anak

Categories: Media Clipping and RS Evasari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *