Bahaya Meningitis Bisa Sebabkan Anak Jadi Cacat Sampai Meninggal Dunia

Ilustrasi (foto : internet)

ORANGTUA harus benar-benar waspada dengan beragam penyakit yang banyak menyerang anak-anak. Salah satunya yaitu infeksi meningitis yang bisa mengancam nyawa dalam waktu cepat.

Spesialis Anak dari RS Evasari Jakarta dr Darmady Darmawan SpA menjelaskan, meningitis merupakan penyakit infwksi selaput otak yang bisa dialami anak-anak. Terjadinya karena infeksi bakteri yang dapat menimbulkan gejala sisa, bila anak dinyatakan sembuh.

“Bakteri penyebab meningitis paling bahaya banyak menimbulkan gejala sisa. Hal ini bisa sebabkan gangguan pendengaran, cacat atau lumpuh,” kata dr Darmady saatbditemui Okezone di RS Evasari Jakarta, kawasan Rawasari, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Selain itu, anak juga rawan mengalami tuli dan sering kejang. Kalau sudah terjadi, tentu anak harus hidup dengan risiko buruk akibat meningitis.

“Bisa banyak hal yang harus dikahwatirkan akibat meningitis. Anak juga bisa tuli atau kejang sepanjang hidupnya,” tambah dia. Klo sudah timbul dengan itu harus hidup dengan itu.

Apabila tidak terdeteksi dini gejala, tingkat mortalitas penyakit ini juga cukup tinggi. Bahkan, nyawa anak dapat terancam hanya dalam hitungan jam saat dinyatakan terinfeksi meningitis.

“Kalau sudah meningitis harus dikasih antibiotik. Semakin cepat diobati, anak bisa sembuh,” tuturnya.

Akan tetapi, penyakit meningitis dapat dicegah dengan imunisasi sejak lahir. Ada banyak jenisnya, seperti yang sudah masuk dalam program imunisasi nasional yaitu HiB.

http://lifestyle.okezone.com/read/2017/02/08/481/1612381/bahaya-meningitis-bisa-sebabkan-anak-jadi-cacat-sampai-meninggal-dunia

Categories: Media Clipping and RS Evasari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *