Derajat Keparahan Meningitis Dipengaruhi 3 Faktor Ini

Ilustrasi (foto ; internet)

Liputan6.com, Jakarta Selain pada orang dewasa, meningitis atau infeksi jaringan selaput otak juga menyerang anak-anak. Ada beberapa faktor yang turut berperan dalam derajat keparahan penyakit ini. Sehingga faktor-faktor tersebut turut berperan terhadap keparahan meningitis seorang anak.

Menurut dokter spesialis anak RS Evasari Awal Bros Jakarta Pusat, Darmady Darmawan, ada tiga faktor yang memengaruhi derajat keparahan meningitis pada anak, yaitu host (kondisi anak tersebut), lingkungan, serta bakteri atau virus penyebab meningitis.

Host itu adalah tubuh anak tersebut. Bisa dilihat dari usia, data menunjukkan lebih banyak terjadi pada anak di bawah lima tahun. Lalu, kurang gizi atau tidak, ada penyakit lain seperti kelainan komponen maupun imunoglobin atau tidak,” kata Darmady saat ditemui di ruangannya yang ditulis Health Liputan6.com pada Minggu (5/2/2017).

Selain itu lingkungan juga memiliki pengaruh terhadap derajat keparahan seorang anak bisa mengidap meningitis. Bila di rumah pelihara binatang, hal tersebut bisa berkontribusi memperparah kondisi anak.

Lalu, kepadatan penduduk. Anak yang tinggal di lingkungan padat penduduk semakin besar potensinya untuk menular. Terakhir penyebab meningitis itu sendiri.

Meningitis atau penyakit infeksi jaringan selaput otak ini bisa karena virus, bakteri, jamur, atau patogen lainnya. Masing-masing memiliki tingkat keganasannya sendiri

http://m.liputan6.com/health/read/2846410/derajat-keparahan-meningitis-dipengaruhi-3-faktor-ini

Categories: Media Clipping and RS Evasari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *