Bunda, Bayi Alami Batuk Kering Tandanya Dia Alergi

Ilustrasi (foto : internet)

ALERGI tidak selalu ditandai dengan ruam di kulit yang membuat si kecil tidak nyaman. Ada juga gejala lainnya seperti batuk kering yang lama sembuh meski telah diobati.

Spesialis Anak dari RS Evasari Jakarta dr Darmady Darmawan SpA mengatakan, umumnya bayi yang mengalami batuk kering karena mengalami alergi. Tidak cuma dari makanan, alergen bisa muncul dari lingkungan di sekitar tempat si kecil beraktivitas.

“Batuk kering yang enggak sembuh-sembuh itu karena alergi udara biasanya. Bisa dari kasur, AC kotor, udara di luar yang sekarang lagi dingin, dan macam-macam,” ujarnya saat ditemui Okezone di RS Evasari Awal Bros, kawasan Rawasari, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Lebih lanjut, tambah dia, seorang ibu tidak perlu langsung memberikan obat batuk. Bukannya malah langsung sembuh, tetap saja si kecil tersiksa dengan batuknya.

dr Darmady mengatakan, batuk karena alergi sebaiknya tidak diberi obat lebih dulu. Baiknya Bunda menghilangkan pemicu alergennya supaya lingkungannya lebih sehat.

“Semisal alergen bisa di kasur, karena debu, tungau, udara dingin, dan lainnya. Lebih baik bersihkan ruangan tempat anak beraktivitas. Lama-lama batuknya akan hilang sendiri,” tukasnya.

http://lifestyle.okezone.com/read/2017/02/10/481/1615350/bunda-bayi-alami-batuk-kering-tandanya-dia-alergi?utm_source=wp&utm_medium=box&utm_campaign=wpbr2

Categories: Media Clipping and RS Evasari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *