Penanganan Cedera Tulang Saat Olah Raga

Cedera merupakan segala bentuk kecelakaan fisik kecil yang timbul pada saat atau setelah olah raga. Cedera terdiri dari dua jenis, yakni cedera ringan dan cedera berat. “Keduanya juga memiliki cara penanganan yang berbeda,” ungkap DR. dr Muh. Sakti, SpOT salah satu spesialis ortopedi  RS Awal Bros Makassar (RSABM), dalam acara Talk Healthy di CelebesTV MAkassar yang membahas soal “Penanganan Cedera Tulang Saat Olahraga”, Sabtu(18/02/17)

Cedera yang dialami setiap orang ketika berolahraga sangat beragam, mulai dari cedera yang menimbulkan luka pada kulit hingga cedera patah tulang. Sering kali kita merasa panik apabila menemukan kejadian cedera pada seseorang dan tidak tahu bagaimana harus bertindak.

Menurut DR. dr Muh. Sakti, SpOT, penanganan kedua jenis cedera tersebut sangat mudah dan semua orang dapat menjadi penolong orang lainnya. Dalam menangani kondisi tersebut, yang paling penting adalah tidak boleh panik dan segera menghubungi paramedis terdekat.

“Penanganan cedera luka terbuka yang terpenting adalah mencuci lukanya agar tidak infeksi, sedikit menekan luka dengan menggunakan handuk bersih dan menutup luka agar tidak terkontaminasi oleh bakteri. Pada luka tertutup dan patah tulang, mengurangi gerak adalah hal sederhana yang juga penting dilakukan,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk penanganan utama patah tulang yang menonjol, kita perlu membentuk kain mitela menjadi bentuk donat dan diikat pada tulang yang menonjol. Akan tetapi, yang perlu diperhatikan adalah balutan ini tidak boleh terlalu kencang ketika di balut di bagian tulang yang menonjol.

“Ini penting agar tulang tidak geser, jika perlu lakukanlah pembidaian pada bagian kanan dan kiri sesuai dengan lokasi cedera patah tulangnya. Nah, setelah itu sebaiknya segera membawa pasien ke dokter atau rumah sakit terdekat agar mendapat penanganan lebih lanjut,” tambahnya.

Namun, ia pun mengimbau agara sebelum melakukan pertolongan utama tersebut juga perlu dilakukan pemeriksaan denyut nadi pasien selama 15 detik. Selain itu, periksa juga gerakan dan meraba bagian yang cedera guna mengetahui jenis cederanya.

Categories: News and RS Awal Bros Makassar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *