Harusnya Atur Pola Makan Saat Melakukan Diet

Tita Nia Fanina, S. Gz

Tita Nia Fanina, S. Gz – Ahli Gizi Rumah Sakit Awal Bros Panam

Bukan Mengurangi Porsinya, Persepsi Yang Salah Tentang Diet

Memiliki tubuh nan idela menjadi ipmpian semua orang. Selain meningkatkan kepercayaan diri, tubuh yang ideal menandakan kondisi yang prima. Untuk mendapatkan tubuh ideal, berbagai hal pun dilakukan oleh masyarakat, seperti olahraga, fitness dan menjaga pola makan. Namun, ada sebuah paradigma yang keliru di tengah masyarakat yang telah lama berkembang, yakni tentang diet. Bagi sebagian orang, diet merupakan salah satu cara untuk mengurangi berat badan. Tidak hanya itu, diet juga dimaknai sebagai menahan lapar untuk mendapatkan tubuh ideal. Jika kita mengajak seseorang untuk makan lalu menjawabnya dengan, saya lagi diet, artinya dia tengah mengurangi porsi makannya.

Ahli Gizi Rumah Sakit Awal Bros Panam, Tita Nia Fanina, S. Gz mengatakan, perspektif seperti itu di dunia medis dianggap keliru. Pada hal yang dilakukan dengan cara seperti itu adalah salah. Ia memaparkan diet memiliki makna mengatur pola makan. Tapi yang banyak dilakukan orang adalah mengurangi porsi makan. Diet berlaku bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badan. Namun diet juga berlaku bagi orang tengah menaikkan berat badannya, terangnya. Dilanjutkannya, bagi orang yang ingin menurunkan berat badan hendaknya mengatur pola makan dan mengurangi porsi makannya.

Tidak hanya itu, menurutnya mengurangi berat badan bukan berarti mengurangi jadwal makan. Biasanya kan kebanyakan orang tidak makan siang atau malam lagi dengan alasan tengah menurunkan berat badan. Paradigma seperti itu salah, kalau kita mengurangi jadwal makan yang akan timbul bisa jadi penyakit, tegasnya. Sedangkan bagi seorang yang ingin menambah berat badan, baiknya menambah porsi makan lebih banyak lagi dan biasanya.

Bisa Sebabkan Muncul Penyakit

Pedoman gizi yang seimbang ialah makan teratur sebanyak tiga kali dalam sehari. Dan juga, menambah dua kali sebagai asupan tambahan. Kedua tambahan ini sekitar pukul 09.00 WIB hingga 10.00 WIB dan pukul 16.00 WIB hingga sore pukul 17.00 WIB. Pada jadwal tambahan ini cukup mengkonsumsi makanan ringan seperti roti, biskuit dan buah- buahan atau jus.

Hal tersebut seharusnya dilakukan agar asupan gizi tetap maksimal di tengah kesibukan aktivitas. Tentang berat badan idealm sejatinya memiliki rumus medis, yakni tinggi badan dikurangi 100 lalu dibagi 10 persen. Hasilrumus inilah yang dapat dijadikan acuan tentang badan yang ideal. Bagi hasil yang kelebihan, disarankan mengatur pola makan dan mengurangi porsi makannya. Ingat mengatur, bukan mengurangi jadwal makan.

Karena tubuh tetap membutuhkan asupan gizi dari makanan, jika mengurangi jadwal makan kemungkinan yang muncul ialah penyakit. Sedangkan bagis eseorang yang ingin menambah berat badan, baiknya menambah porsi makan lebih banyak lagi dari biasanya. Namun demikian, penting diketahui adda dua jenis tubuh setiap manusia yang berkaitan dengan berat badan.

Hypermetabolisme ialah orang yang memiliki kecenderungan badan tetap kurus meskipun telah menambah porsi makan. Lalu, Hypometabolisme berarti orang yang sedikit makan saja berat badannya akan langsung naik. Untuk menangani hal tersebut seseorang hendaknya berkonsultasi dengan pihak medis agar ditemukan solusi nantinya. tutur Tita Nia Fanina S. Gz.

Hindari Makanan Junk Food

Cara melakukan diet yang baik dan benar bisa dikatakna gampang- gampang susah. Karena menjaga pola makan yang baik tidak semudah yang di bayangkan. Karena banyak sekali godaan menu makanan seperti junk food, snack, keripik dan cemilan lainnya. Diet yang baik bukan berarti tidak makan sama sekali. Justru saat diet, kita dianjurkan makan 5-6 kali sehari namun dalam porsi yang kecil untuk memperlancar metabolisme tubuh. Dengan metabolisme tubuh yang lancar dan cepat maka proses pembakaran lemak tubuh juga semakin cepat pula.

Menjaga pola makan dan hidup yang lebih sehat harus diselaraskan dengan perubahan gaya hidup. Seperti komposisi dan porsi makan. Jika terbiasa makan dengan porsi yang besar, maka kini cobalah kurangi porsi makan dan cobalah seimbangkan makanan dengan memperbanyak sayuran atau salad. Pada saat makan juga harus dilakukan secara perlahan. Sebab tubuh membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit mencerna makanan sebelum otak kita sadar bahwa kita sudah kenyang. Dengan makan secara perlahan, tidak akan membuat anda mengkonsumsi banyak kalori.

Melakukan diet sehat ini juga harus termotivasi dan berpikir positif. Diet untuk menurunkan berat badan atau mengecilkan perut tidak akan memberikan hasil instan dalam waktu semalam. Jika terlalu terobsesi, justru membuat anda meras khawatir dengan berat badan dan diet yang anda lakukan.  Tetap berpikir positif dan selalu termotivasi untuk melanjutkan diet karena jika melakukannya dengan cara yang benar tentu saja akan memberikan hasil secara perlahan.

Untuk menyukseskan program diet hendakna menghentikan mengkonsumsi junk food. Karena mengandung lemak dan kalori yang sangat tinggi sehingga dapat menambah berat badan. Junk food juga dapat meningkatkan resiko penyakit jantung karena kandungan zat berbahayanya. Memperbanyak minum air putih minimal delapan gelas setiap hari. Dua gelas air tiap sebelum makan untuk melepas dahaga sebelum duduk dan mulai makan. Mengkonsumsi buah dan sayuran bisa menjadi pilihan lain jika tidak begitu suka minum air putih. Karena buah dan sayur mengandung banyak air, rendah kalori atau bahkan nol kalori, banyak vitamin dan nutrisi lainnya.

Untuk susu pilih yang rendah lemak dan protein. Konsumsi satu gelas produk susu rendah lemak, yogurt atau keju setiap hari untuk memenuhi sepertiga kebutuhan kalsium dan 17% kebutuhan protein tubuh. Lemak tetap harus dikonsumsi untuk memberi energi. Namun dipilih lemak yang baik atau lemak tidak jenuh yang bersumber dari kenari, minyak zaitun, alpokat, dan sebagainya. Untuk karbohidrat komplek, anda bisa mendapatkannya dari nasi merah dan gandum.

Tips mendapatkan Postur Ideal

  1. Disiplin
  2. Konsumsi Serat
  3. Olahraga
  4. Jangan Konsumsi Obat Diet
Categories: Artikel and RS Awal Bros Panam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *