Kenali Penularan Meningitis pada Si Kecil

Ilustrasi (foto : internet)

VIVA.co.id – Meningitis merupakan penyakit infeksi yang ditularkan melalui percikan cairan tubuh di udara. Ternyata, penyebab meningitis terdiri atas tiga jenis.

Secara ilmiah, meningitis berarti infeksi pada selaput otak. Di mana, peradangan terjadi di sekitar selaput otak, yang seharusnya berfungsi dengan baik dalam menjaga organ otak dari ancaman di luarnya.

“Meningen ini seharusnya berfungsi melindungi otak, jadi saat radang, dia tidak lagi bisa melindungi organ otak. Peradangannya dipicu oleh tiga hal yaitu bakteri, jamur, dan virus,” ujar spesialis anak, dr. Darmady Darmawan, SpA., kepada VIVA.co.id.

Dari tiga jenis pemicunya, yang paling berbahaya adalah dari jenis bakteri. Sebab, bakteri tersebut cenderung dimiliki oleh banyak orang dan sulit dibasmi tanpa antibiotik.

“Bakteri yang paling sering memicu meningitis yaitu hemofillus influenza b, streptokokus pneumoni, dan neisseria meningitis. Orang sekitar yang memiliki bakteri tersebut, kemudian batuk, kena anak, dan memicu infeksi,” ujar dokter yang bekerja di Rumah Sakit Evasari, Jakarta itu.

Dia melanjutkan, melalui penyebaran tersebut, bakteri yang hinggap akan masuk melalui saluran pernapasan anak. Selanjutnya, kuman akan beredar dengan cepat melalui peredaran darah.

Port to entry atau tempat masuk bakterinya itu melalui saluran napas lalu ke peredaran darah dan sampai ke otak. Butuh beberapa minggu, mungkin dua minggu, untuk akhirnya infeksi tersebut menunjukkan gejalanya,” kata dia. (art)

http://life.viva.co.id/news/read/882363-kenali-penularan-meningitis-pada-si-kecil

Categories: Media Clipping and RS Evasari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *