RS Awal Bros Pekanbaru Gelar Seminar Pencegahan DBD pada Anak

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU – Puluhan peserta tampak antusias mengikuti seminar dengan tema “Pencegahan DBD Pada Anak” yang digelar, Sabtu (25/2/2016) di Aula Lantai A, RS Awal Bros Jalan Sudirman, Pekanbaru.

Misalnya saja Yenita, warga Kelurahan Sidomulyo Kecamatan Tampan ini tampak serius mendengarkan pemaparan dua narasumber yang dihadirkan panitia yakni, dr. Yustina Atmadja M. Sc. SpA yang menyampaikan materi pencegahan dan penanganan DBD (Demam Berdarah Dengue) pada anak. Kemudian narasumber kedua yakni dr. Dina Fauzia SpFK yang menyampaikan materi Efektivitas dan Keamanan Vaksin Dengue (DBD), begitu pula dengan para peserta yang lain.

“Kedua materi yang disampaikan sangat menarik mudah-mudahan pada seminar lainya bisa lebih bagus lagi. Karena ini sangat bermanfaat, DBD inikan sangat berbahaya terutama ibu-ibu yang punya anak kecil pasti khawatir dengan virus DBD ini, ” katanya usai mengikuti seminar.

Sementara itu, Direktur RS Awal Bros Pekanbaru dr.Nurhidayati Endah Puspita Sari, MARS mengatakan, vaksin ini merupakan trobosan terbaru di bidang kesehatan yang sengaja dihadirkan di RS Awal Bros Pekanbaru untuk menjawab kekhawatiran oleh siapapun terhadap DBD.

“Memang untuk penggunaanya masih terbatas bagi yang berusia 9-16 tahun dan harapanya dengan hadirnya vaksi ini tentu saja kasus DBD di Pekanbaru khususnya bisa berkurang. Tentunya melalui seminar ini para peserta juga dapat menginformasikan kepada masyatakat lain bahwa ada vaksin penvegahan infeksi DBD ini, ” katanya.

Untuk harga menurut dia memang cukup mahal karena vaksi ini baru ditemukan dan proses dalam pembuatan vaksin juga sangat lama. “Kalau untuk harga vaksin di Awal Bros saat ini Rp. 1.370.000 per sekali suntik. Kemudian untuk vaksin inikan harus tiga kali suntuk jadi totalnya Rp. 4.110.000,” katanya.

Menurutnya, jarak penggunaan vaksin ini dilakukan sebanyak tiga kali dengan interval waktu selama enam bulan sekali. “Melalui seminar ini tentu saja harapan kita bagaimana kesadaran masyarakat terhadap penyakit DBD ini semakin tinggi dan juga para ibu khususnya itu lebih sadar mencegah dan mengenali gejala-gejalanya diawal. Tentunya harapan kita juga menurunya angka anak-anak yang terjangkit DBD ini, ” pungkasnya. (*)

Sumber : http://pekanbaru.tribunnews.com/2017/02/26/video-rs-awal-bros-pekanbaru-gelar-seminar-pencegahan-dbd-pada-anak

Categories: Media Clipping and RS Awal Bros Pekanbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *