Anak Mudah Rewel? Mungkin Kurang Makan Buah dan Sayur

Ilustrasi (Foto : Internet)

Jakarta, Membiasakan anak mengonsumsi makan buah dan sayur selain bermanfaat untuk kesehatan percernaannya dapat berdampak baik juga untuk kesehatan mental. Alasannya karena serat di dalam buah dan sayur diketahui bisa memicu reaksi yang memengaruhi otak.

Dijelaskan oleh konsultan gastrohepatologi anak dr Frieda Handayani Kawanto, SpA (K), dari RS Evasari bahwa serat-serat yang ada di dalam buah dan sayur bisa difermentasi oleh bakteri baik di dalam usus menghasilkan jenis asam lemak rantai pendek. Lebih spesifiknya lagi asam lemak rantai pendek tersebut adalah asam butirat.

“Asam butirat itu jika banyak diproduksi dalam usus kemudian diserap melalui dinding usus masuk ke dalam sirkulasi darah menyebar ke otak maka dapat memicu keluarnya hormon serotonin. Teman-teman semua sudah tahu bahwa hormon serotonin itu merupakan hormon yang membuat kita merasa happy,” papar dr Frieda dalam acara Healty Eating Habbit di Restoran Bebek Bengil, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/3/2017).

“Jadi itu korelasinya antara serat, usus yang baik, dan perasaan senang… Mencegah anak kita suka marah-marah. Jadi kalau ada anak di rumah suka marah-marah, sakit perut, enggak senang coba kita lihat apakah kita sudah baik memberi makan serat dalam bentuk buah dan sayur,” lanjut dr Frieda.

Efek yang sama sebetulnya juga bisa terjadi pada orang dewasa. Hanya saja anak-anak mungkin lebih rentan terhadap efek kurang serat tersebut karena pilihan asupan makanannya masih bergantung dari orang tua.

dr Frida mengatakan seringkali orang tua memanjakan anak memberi makanan ringan yang mudah didapat namun kandungan gizi dan nutrisinya buruk. Dampaknya semakin dewasa anak maka akan semakin sulit juga menerima konsumsi buah dan sayur.

http://health.detik.com/read/2017/03/10/100148/3443322/1301/anak-mudah-rewel-mungkin-kurang-makan-buah-dan-sayur

Categories: Media Clipping and RS Evasari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *