Bunda, Nih Tips agar Anak Semangat Makan Sayur dan Buah

Ilustrasi (Foto Internet)

SEORANG ibu harus kreatif dalam mendukung tumbuh kembang si kecil. Apalagi dalam membujuk anak agar suka makan sayur dan buah.

Ya, Bunda harus tahu kalau manfaat serat dari sayur dan buah itu sangat baik. Anak akan merasa happy, sistem kekebalan tubuhnya baik, sistem pencernaan lancar, hingga otaknya jadi lebih cerdas.

Nah, agar si kecil mau makan buah dan sayur, Bunda harus mengakalinya dengan berbagai cara. Simak poinnya yang dirangkum Okezone:

Bunda harus selalu sedia buah-buahan

Spesialis Anak dari RS Awal Bros Evasari Jakarta dr Frieda Handayani SpA(K) mengatakan, kalau si kecil lapar, jangan berikan anak camilan wafer, roti, kue, atau minum susu. Lebih baik berikan anak makanan buah yang sudah dipotong-potong atau diblender. Biasakan ini dilakukan setiap hari agar anak tak menolak sata diberi buah atau sayur.

Pintar olah sayur dan buah dengan menu berbeda

Jika anak sangat suka makan pasti, tambahkan sayuran bayam ke dalamnya. Bayam mengandung zat besi yang baik untuk mendukung pertumbuhan tulang dan otot si kecil.

Buat puding atau minuman segar dari buah

Anak yang terbiasa diberikan puding sebagai camilan sehari-harinya, Bunda juga dapat menambahkan buah-buahan segar ke dalamnya. Tak cuma puding, dari buah Anda bisa membuat es loli atau es buah segar yang dibuat sendiri di rumah.

Dongengkan anak tentang buah dan sayur

Psikolog Keluarga Anna Surti Ariani, SPsi MSi mengatakan, anak-anak akan suka dibacakan dongeng. Jangan melulu mengambil cerita hewan yang membuatnya tertawa, Anda juga dapat menyelipkan cerita seputar buah dan sayur agar dia ingat sepanjang masa.

Buat anak lapar

“Suruh anak untuk beraktivitas fisik setiap waktunya agar cepat lapar. Nah, saat anak lapar langsung berikan sayur atau buah. Jangan berikan roti atau wafer,”kata wanita yang akrab disapa Nina itu.

Ajaklah anak memasak

Anak-anak juga harus tahu bagaimana proses mengolah sayur dan buah. Libatkan mereka untuk memasak di dapur. Dijamin cara ini sangat menyenangkan dan anak jadi doyan makan sayur dan buah.

Beri tempat makan lucu

Saat makan sayur dan buah, siapkan di atas tempat makan dengan desain lucu. Anak tidak terasa tegang saat makan, karena gambar-gambar yang memikat dari piringnya akan membuat anak semangat makan.

(hel)

http://lifestyle.okezone.com/read/2017/03/10/481/1639452/bunda-nih-tips-agar-anak-semangat-makan-sayur-dan-buah

Categories: Media Clipping and RS Evasari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *