Tiga Cara Sehat Konsumsi Buah Serta Manfaatnya

Ilustrasi (Foto : Internet)

VIVA.co.id – Buah-buahan mengandung serat yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsinya. Namun, banyak yang mempertanyakan, cara konsumsi buah, yang tepat tanpa memangkas nutrisi di dalamnya.

Beberapa cara mengonsumsi buah-buahan yakni dengan cukup dipotong, diblender, serta dibuat menjadi segelas jus nikmat. Ternyata, ketiga cara ini memiliki manfaat dan kelebihannya masing-masing.

“Buah potong atau buah utuh yang dipotong tanpa dimodifikasi lagi dan dikonsumsi dengan cara digigit atau kunyah. Cara ini menghasilkan paduan kandungan selulosa dari buah dan enzim selulase dari mulut,” ujar konsultan gastrohepatologi anak RS Evasari, dr. Frieda Handayani, Sp.A(K), dalam program peluncuran PAUD Healthy Eating Habit oleh SGM Eksplor, di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis 9 Maret 2017.

Frieda menjelaskan, tanpa enzim selulase, kandungan selulosa di buah tidak akan diserap tubuh dengan baik. Sehingga, proses mengunyah, memang sangat dianjurkan saat mengonsumsi makanan.

Kemudian, cara kedua yaitu dengan diblender. Buah yang diblender ini, masih memiliki serat-serat buah yang tidak dibuang.

“Kalau diblender, buahnya sudah otomatis mengeluarkan kandungan selulosa. Jadi tanpa dikunyah, sistem pencernaan sudah bisa mendapatkan kandungannya itu, dan seratnya mudah didapat,” ujarnya lagi.

Lebih lanjut, serat sangat dibutuhkan tubuh untuk melancarkan sistem pencernaan. Maka, pada cara terakhir yaitu dijus, serat-serat buah biasanya sudah dibuang.

“Buah yang dijus masih memiliki kandungan vitamin dan mineral di dalamnya, tapi memang serat buahnya sudah tidak bisa didapatkan karena minuman ini sudah sangat halus. Jadi sebaiknya dikombinasikan ketiganya,” kata dia. (ren)

http://m.viva.co.id/life/kesehatan-intim/892241-tiga-cara-sehat-konsumsi-buah-serta-manfaatnya

Categories: Media Clipping and RS Evasari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *