Usia Tepat Perkenalkan Buah dan Sayur pada Si Kecil

Ilustrasi (Foto : Internet)

VIVA.co.id – Buah dan sayur merupakan komponen penting dalam menu makanan sehat guna mendukung tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, ada baiknya orangtua memperkenalkan pada si kecil sejak dini, tentang manfaat buah dan sayur.

Usia tiga tahun, diyakini menjadi usia yang tepat untuk memperkenalkan buah dan sayur pada si buah hati. Apa alasannya?

“Karena usia tiga tahun, anak mengalami pematangan fungsi organ, sehingga anak bisa memahami apa yang ia konsumsi. Masing-masing sayur dan buah dikenalkan dalam bentuk konsep bentuk dan warna. Anak akan sangat senang mempelajarinya,” ujar konsultan gastrohepatologi anak, dr. Frieda Handayani, Sp.A(K), dalam program peluncuran PAUD Healthy Eating Habit oleh SGM Eksplor, di kawasan Menteng Jakarta, Kamis 9 Maret 2017.

Selain itu, di usia tersebut, perkembangan bahasa anak sudah mulai bisa diasah. Dengan demikian, proses mempelajari buah dan sayur di usia tersebut, bisa memperluas kosakata-nya.

“Di usia tiga hingga enam tahun, anak juga mampu mengungkapkan perasaannya dengan baik, sehingga orangtua bisa mengetahui kesukaan buah dan sayur dari anak,” ujar Frieda.

Karena itu, para orangtua sebaiknya memenuhi kebutuhan buah dan sayur di rumah, agar mudah dijangkau anak. Frieda menyarankan, penyajian menarik juga harus dilakukan orangtua untuk membuat si kecil menyukai buah dan sayur.

“Hidangkan dalam bentuk salad buah dan sayur yang menarik. Kombinasikan menu baru seperti pasta bayam atau makaroni sayur yang lezat tapi bergizi,” kata Frieda. (ren)

http://m.viva.co.id/life/parenting/892199-usia-tepat-perkenalkan-buah-dan-sayur-pada-si-kecil

Categories: Media Clipping and RS Evasari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *