SDM Awal Bros Panam 50 Persen Perawat

dr, Mutiara Arcan, MARS – Direktur Rumah Sakit Awal Bros Panam

PEKANBARU – Selama ini masih ada yang menganggap sebelah mata peran seorang perawat. Padahal perawat bisa menjadi ujung tombak dalam memberikan pelayanan kesehatan. Apalagi hampir 50 persen tenaga di rumah sakit diisi tenaga perawat.

Begitupun di Rumah Sakit Awal Bros Panam Pekanbaru. “Hampir 50 persen Sumber Daya Manusia (SDM) di RS Awal Bros diisi oleh perawat. Saat ini jumlah perawat kami berjumlah 250 orang,” kata Direktur RS Awal Bros Panam dr Mutiara Arcan MARS kepada Riau Pos, Kamis (16/3).

Perawat, kata Mutiara, menjadi wadah tersendiri terlebih lagi mempunyai organisasi terbesar yakni Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

Di wilayah Panam, organisasi ini memiliki sekretariat di RS Awal Bros Panam, tentunya punya serangkaian acara dalam menyambut HUT ke-43 mereka yang jatuh pada Jumat (17/3). Rangkaian acara dimulai dari bakti sosisl, lomba, dan puncaknya seminar organisasi April 2017.

Pihaknya berharap perawat semakin konsisten dengan tujuannya dalam meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, martabat, dan etika profesi perawat. Termasuk dalam mempersatukan dan memberdayakannya serta menunjang pembangunan kesehatan nasional sesuai dengan yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 38/2014 tentang Keperawatan.

“Kami berharap perawat mampu tumbuh dan berkembang serta sejajar dengan tenaga kesehatan lainnya dan menciptakan pelayanan. Karena tugas perawat merupakan Care atau melayani pasien,” terangnya.

Di sisi lainnya ia mengharapkan para perawat mampu memberikan pelayanan yang aman bagi pasien dan masyarakat. Memberikan pelayanan secara profesional, berkinerja tinggi serta peduli (caring) sehingga bisa mengurangi beban psikologis pasien.

“Eksistensi perawat berada langsung di semua tatanan masyarakat, sehingga perlu diberdayakan secara maksimal. Selain itu perawat adalah bagian yang menjadi motor suatu rumah sakit,” ujarnya.

Mutiara mengungkapkan bahwa karena tugas dari perawat adalah memberikan pelayanan pada masyarakat, maka perawat juga memiliki kesempatan untuk berperan dan menyukseskan MDGs khususnya yang terkait dengan masalah kesehatan masyarakat.

Upaya awal untuk memaksimalkan peran perawat dalam mewujudkan pemerataan pelayanan kesehatan bagi masyarakat melalui pengembangan profesionalisme dan penerapan etika dalam pemberian pelayanan keperawatan, serta mengembangkan berbagai kebijakan terkait dengan domain utama dalam restrukturisasi pelayanan keperawatan.

Sumber : Riaupos.co
Categories: Media Clipping and RS Awal Bros Panam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *