Deteksi Dini Jantung Koroner Dengan Tindakan Angiografi

Penyakit jantung koroner saat ini di Indonesia sudah sangat meningkat jumlahnya. Bahkan di kota – kota besar di Indonesia, seperti di negara maju lainnya, penyakit jantung koroner telah menjadi penyebab utama dari kematian.

 

Sebab dan Gejala dari Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner disebabkan oleh penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah jantung (pembuluh darah koroner). Lama kelamaan sumbatan akan menjadi semakin besar sehingga pembuluh darah yang bersangkutan akan menjadi sempit. Akibatnya otot jantung di daerah tersebut akan mengalami kekurangan aliran darah. Jika sumbatan menjadi total maka akan menimbulkan serangan jantung (heart attack) yang dapat menyebabkan kematian mendadak. Gejala dari sumbatan pembuluh darah koroner adalah nyeri dada. Nyeri dada dapat juga disertai dengan penjalaran ke tangan kiri atau leher. Kadang – kadang disertai dengan sesak nafas, mual, keringat dingin atau rasa ingin pingsan. Apabila hal ini berlangsung lebih dari 15 menit, dikategorikan sebagai serangan jantung.

 

Jika anda mengalami nyeri dada tersebut, sebaiknya segera memeriksakan diri ke rumah sakit atau ke dokter spesialis jantung sebelum berdampak fatal bagi kesehatan anda.

 

Faktor – faktor Risiko dari Penyakit Jantung Koroner

  • Merokok
  • Kadar Kolesterol Total dan LDL tinggi atau kolesterol HDL rendah
  • Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)
  • Kencing Manis
  • Keturunan : Riwayat Penyakit Jantung Koroner dalam keluarga
  • Usia lebih dari 50 tahun
  • Kegemukan
  • Stress, banyak pikir atau tekanan batin
  • Kurang olahraga
  • Faktor – faktor dalam darah seperti kadar asam urat, kadar fibrinogen, aggregasi trombosit, Lp(a), apo A1, apo B dan homocysteine.

Jika anda memiliki beberapa faktor risiko tersbut di atas, sebaiknya anda memeriksakan kesehatan jantung anda kepada dokter spesialis jantung. Ingat pengendalian faktor risiko sedini mungkin dapat mencegah anda dari penyakit jantung koroner/stroke di kemudian hari.

 

Pemeriksaan untuk mendeteksi Penyakit Jantung Koroner

Contoh Pembuluh Darah Koroner Sehat & Tidak Sehat

Beberapa pemeriksaan dapat dilakukan untuk mendeteksi adanya sumbatan di Pembuluh Darah Koroner baik secara langsung maupun tidak langsung. Alat – alat yang digunakan termasuk : EKG, Treadmill, Echocardiografi, Multi-slice CT Scan dan Kateterisasi Jantung / Angiografi Koroner. Sampai saat ini, Kateterisasi Jantung / Angiografi Koroner masih merupakan Gold-standart, artinya merupakan teknik yang terbaik dan akurat yang diakui di dunia untuk mendeteksi sumbatan. Keakuratan atau ketepatan yang didapat adalah sangat tinggi (99-100%)

 

 

Angiografi

Angiografi pada umumnya merupakan suatu tindakan medis / prosedur diagnostic invasive melalui Sinar X-Ray yang berfungsi sebagai pendeteksi penyempitan atau sumbatan pembuluh darah jantung / koroner.

 

Prosedur Angiografi

  • Seperti proses tindakan operasi bypass, pasien diharapkan juga mempersiapkan diri termasuk untuk tidak makan setelah tengah malam sebelum hari pelaksanaan tindakan.
  • Tindakan Angiografi dilakukan setelah memberikan pembiusan lokal dilipat paha kanan atau pergelangan tangan kanan.
  • Sebuah selang halus (kateter) akan dimasukkan ke dalam pembuluh darah arteri sehingga mencapai pembuluh darah aorta dan ditempatkan pada posisi muara arteri koroner.
  • Zat kontras disuntikkan melalui kateter tersebut dan mengisi arteri koroner yang dimaksud untuk selanjutnya dilakukan Sinar X pengambilan gambar saat arteri koroner telah terisi zat kontras.
  • Hasil pencitraan atau sinar X tersebut akan memperlihatkan besar penyumbatan yang terjadi pada arteri koroner.

Melalui hasil inilah, dapat diketahui jenis tindakan yang sesuai bagi pasien. Dokter akan merekomendasikan tindak lanjut pengobatan tergantung pada hasil angiogram yakni tindakan intervensi dengan balon / pemasangan stent atau tindakan operasi bypass.

Tindakan angiografi dapat dilakukan di Rumah Sakit Awal Bros Batam, dengan dukungan fasilitas dan dokter spesialis jantung yang berpengalaman, pendeteksian jantung koroner dapat dilakukan dengan tingkat keakuratan yang sangat tinggi. Hal yang paling penting adalah bahwa penyakit jantung saat ini menjadi penyebab utama dari kematian. Oleh karena itu, sayangilah jantung anda dengan menghindari hal – hal yang dapat memicu terjadinya penyakit jantung serta rajin melakukan olahraga secara teratur.

Categories: Artikel and RS Awal Bros Batam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *