Fenomena Bigo Live

Bigo Live Bikin Kantong Makin Tebal

 

Kini memang tengah marak aplikasi live di media social, baik facebook, intsagram, maupun twitter. Aplikasi live tentu saja memberikan ruang dan momen bagi pengguna medsos untuk lihat secara langsung kegiatan dari teman medsos lainnya. Sama dengan Facebook, Instagram maupun Twitter, Bigo juga sudah mengeluarkan aplikasi live yang bisa berinteraksi secara langsung. Namanya Bigo Live Broadcasting. Dahsyatnya, video live kamu bahkan bias dilihat oleh siapapun walaupun belum saling follow sebelumnya.

Bigo live ini berasal dari Asia dan sudah dua tahun beredar, aplikasi ini memungkinkan user dapat berinteraksi secara langsung dengan para pengguna Bigo, seperti layaknya live video. Aplikasi hanya diperuntukan IOS dan Android. Aplikasi ini memang banyak memiliki keuntungan jika kamu tahu menggunakannya dan tujuan untuk hal positif. Karena kamu bisa mendapatkan uang dari Bigo Live jika banyak yang menonton atau view dan memberikan gift yang banyak.

Dalam aturan main di Bigo Live kamu akan menemukan istilah beans. Semakin banyak beans maka kamu bisa mendapatkan keuntungan yaitu mendapatkan cash money yang akan di transfer ke rekening kamu. Beans dikumpulkan berdasarkan interaksi positif yang kamu dapat. Lima beans yang terkumpul, kamu akan mendapatkan satu diamond. Lalu di Bigo ini juga ada istilah gift, semakin banyak gift yang kamu dapatkan, maka semakin banyak diamond yang kamu dapatkan pula. Minimal penarikan adalah 6.700 diamond atau setara 2 juta.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan Tribun Batam, penarikan uang cash tertinggi untuk pengguna Bigo Live yaitu akun seorang wanita Jakarta yang tinggal di Bali. Ia melakukan penarikan uang sebesar 20 juta dalam satu penarikan. Sungguh nilai yang menggugah tentunya. Ada juga artis yang menggunakan Bigo untuk berinteraksi seperti Nikita Mirzani dan Ricky Cuaca. Jika memiliki banyak viewer, akan muncul di beranda kamu. Admin ini bertugas mengawasi kalua ada yang tidak layak live video atau komentarnya, bigo kita akan langsung di banned oleh admin dan akun tersebut sudah tidak bisa digunakan kembali.

 

Ada Polisi Bigo

Semakin maraknya kegiatan di Bigo Live bahkan di batas normal, telah diantisipasi dengan adanya Polisi Bigo. Polisi Bigo yang dimaksud adalah admin yang bertugas menjaga bigo selama 24 jam agar tetap sesuai dengan batasnya. Selain itu, bigo menyiapkan 20 ambassador yang dipilih berdasarkan karakter masing  – masing. Mereka terpilih agar Bigo tetap terlihat ramai di Media Sosial Bigo Live. Ambasador hanya dapatmelapor tetapi tidak dapat mem”banned” akun bigo orang lain.

 

Self Esteem Bermasalah

Maryana M. Psi., Psi (Psikolog RS Awal Bros Batam)

Fenomena maraknya penggunaan aplikasi Bigo Live, menurut Ibu maryana, M. Psi., Psi selaku psikolog di Rumah Sakit Awal Bros Batam (RSAB) dapat menunjukan bahwa self esteem terganggu jika mereka tidak bisa menghargai dirinya sendiri. Dengan mendapatkan perhatian dari orang lain, maka ia merasa akan lebih berharga. Gejala yang ditimbulkan bisa berupa pengakuan dari orang lain lebih penting, dan perhatian dari orang lain lebih penting. Kehidupan remaja yang ingin diperhatikan serta pengaruh lifestyle dari kawan sebaya lebih terasa berharga. Oleh Karena itu mereka menyukai view, like, comment yang banyak dari media social miliknya. Agar self esteem tidak terganggu maka penting untuk membangun self esteem dari dini. Caranya, dengan menguatkan diri bahwa setiap orang punya keunikan masing – masing. Berikut cara untuk meningkatkan self esteem :

  1. Katakan “Aku berharga karena aku punya keunikan dan aku menghargai segala kelebihan dan kekurangan diri ku”
  2. Jangan sampai terlalu larut dalam penggunaan media social. Jangan sampai media yang mengatur hidup mu. Up to date itu perlu, Karena manusia akan selalu berkembang.

 

SUMBER: TRIBUN BATAM |RABU, 22 MARET 2017 | HAL. 12

Categories: Media Clipping and RS Awal Bros Batam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *