RS Awal Bros Pekanbaru Taja Seminar Dengan Tema Gangguan Bicara Anak

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU – Rumah Sakit Awal Bros menggelar kegiatan seminar yang bertajuk ‘Seminar Awam Solusi Gangguan Bicara pada Anak’ Sabtu (25/3/2017) pagi.

Bertempat di ruangan Awaloeddin Function Hall Lantai A Gedung Awal Bros di Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, kegiatan seminar ini dimulai sekitar pukul 9.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

Dalam kegiatan ini hadir sebagai pemateri, dr. Ismet, SpA (Neuropediatri) dan Miftahul Hayati, M.Psi (Psikolog Anak). Tampak seratusan peserta seminar antusias dalam mendengarkan pemaparan dari para pemateri ini.

Ada dua tema yang diangkat dalam kegiatan seminar ini, diantaranya Gangguan Bicara Pada Anak serta Pengasuhan Anak yang Mengalami Keterlambatan Bicara.

Dalam hal ini, para pemateri pada umumnya mengulas tentang bagaimana cara mendeteksi apakah anak memiliki kemampuan bicara yang baik sejak dini, atau malah terindikasi mengalami gangguan atau keterlambatan dalam bicara, serta seperti apa penanganannya.

Direktur Rumah Sakit Awal Bros, dr. Nurhidayati Endah Puspita Sari kepada tribunpekanbaru.com mengungkapkan, adapun latar belakang digelarnya kegiatan seminar ini salah satunya yakni mengingat jumlah pasien anak yang mengalami gangguan bicara, dewasa ini jumlahnya cukup banyak.

“Masalah ini perlu penanganan yang cepat dan tepat. Karena ujung-ujungnya, gangguan bicara pada anak dapat berakibat kepada terganggunya kemampuan belajar dan kecerdasan sang anak,” ujarnya.

Dikatakan wanita yang juga akrab disapa dokter Ita ini, untuk itu Rumah Sakit Awal Bros juga telah menyediakan poli atau klinik khusus yang bernama Klinik Tumbuh Kembang Anak atau Child Development Centre (CDC).

“Disini kita menyediakan tenaga profesional secara lengkap, mulai dari dokter anak, psikolog anak, dokter spesialis rehabilitasi medis, dokter spesialis saraf anak, dan lain-lain, dimana penanganannya dilakukan secara komprehensif,” kata dia.

Ita juga berharap, masyarakat dapat makin meningkat kesadarannya akan potensi terjadinya gangguan atau keterlambatan bicara pada anak.

“Untuk itu kita mengajak masyarakat untuk dapat melakukan dekteksi dini terhadap anak. Dari awal anak baru lahir, sudah bisa dilakukan upaya deteksi. Jika memang terindikasi memiliki gangguan bicara, maka semakin cepat diatasi akan semakin baik,” bebernya.

Sumber : http://pekanbaru.tribunnews.com/2017/03/25/rs-awal-bros-taja-seminar-dengan-tema-gangguan-bicara-anak

 

Categories: Media Clipping and RS Awal Bros Pekanbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *