5 Jenis Penyakit Langganan Saat Liburan dan Cara Menghindarinya

5 Jenis Penyakit Langganan Saat Liburan dan Cara Menghindarinya. Dr. Achmad Yudha Aulia, General Practitioner dari Rumah Sakit Awal Bros Bekasi.

Berlibur di antara kesibukan harian memberi begitu banyak manfaat pada diri seseorang. Bukan hanya menyeimbangkan hidup, tapi juga mampu menjaga kesehatan tubuh dan pikiran.

Ketika kita pergi ke tempat baru, setiap orang akan punya pengalaman berbeda dan pandangan baru tentang kehidupan. Itu sebabnya liburan dapat melepas hormon kortisol yang kerap menjadi biang keladi stres sehari-hari.

Nah, agar agenda berlibur jadi makin maksimal, tentu tak ada salahnya kalau kita tetap menjaga tubuh agar bugar. Tubuh sehat akan membuat acara liburan semakin berkesan.

Bagaimana caranya? Yuk, ikuti saran yang dianjurkan Dr. Achmad Yudha Aulia, General Practitioner dari Rumah Sakit Awal Bros Bekasi.

1. Olahraga ringan

Perlu kita ingat, saat liburan kita pasti banyak melakukan kegiatan outdoor. Salah satunya, berjalan kaki. Untuk itu, sebelum berangkat liburan, yuk lakukan pemanasan yang cukup untuk melemaskan otot yang tegang atau kaku di hari-hari sebelumnya.

“Dengan begitu kesehatan kita akan tetap terjaga dan rencana traveling di hari berikutnya dapat berjalan sesuai rencana dengan tubuh yang lebih segar,” ujar Dr. Achmad.

2. Tidur minimal 6 jam

Di saat kamu traveling dan memiliki jadwal yang cukup padat, satu hal yang penting dipenuhi yaitu istirahat yang cukup. Jangan paksakan tubuh untuk terus beraktifitas tanpa mengenal waktu. Yang terpenting, usahakan tidur sedikitnya 6 jam agar kondisi tubuh tetap bugar.

Sebab jika kurang istirahat dan tak cukup tidur metabolisme tubuh akan terganggu. Belum lagi wajah tampak kusam dan tubuh kurang fit untuk berkegiatan selama liburan.

3. Vaksinasi flu

Sebagai informasi, vaksinasi flu sebaiknya dilakukan dua minggu sebelum liburan dimulai. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kekebalan terhadap virus flu. Namun, dengan melakukan vaksinasi ini saja sebetulnya tak lantas membuat Anda bebas tertular penyakit.

Tindakan preventif seperti mencuci tangan tetap wajib dilakukan.

4. Minum suplemen

Suplemen merupakan salah satu barang yang wajib dibawa selama traveling. Apalagi bagi Anda yang merencanakan bepergian jauh dengan menempuh perjalanam selama berjam-jam.

Sebaiknya, minum suplemen nutrisi guna meningkatkan stamina dan mencegah rasa lelah yang dapat menurunkan daya tahan tubuh.

5. Makanan bergizi

Apel merupakan buah yang mengandung banyak nutrisi seperti Vitamin C, Vitamin B komplek dan antioksidan yang bermanfaat menangkal radikal bebas dan virus. Pisang merupakan makanan yang cocok untuk dibawa traveling karena buah ini cukup memberikan energi bagi tubuh baik sebelum berkegiatan maupun untuk memulihkan energi yang hilang.

Selain itu, hindarilah junk food meski kita kemungkinan akan tergiur dengan sajian beragam kuliner khas di lokasi wisata. Lebih baik, beli makanan yang fresh dan sehat.

Jika tak banyak pilihan, bisa juga memilih junk food dalam kategori lebih sehat seperti roti sandwich yang dilengkapi dengan sayur atau salad.

6. Air putih

Yang juga wajib ada dalam tas adalah air putih. Biasakan selalu minum air putih untuk menjaga metabolisme dan menghindari dehidrasi.

7. Masker

Stasiun, terminal, bandara maupun pelabuhan adalah tempat-tempat yang rawan terjadi penularan penyakit. Proteksi yang dapat kita lakukan antara lain menggunakan masker saat berada di tempat yang ramai.

Penyakit seperti pilek, batuk, dan flu adalah penyakit yang bisa dengan mudah menular namun juga mudah untuk diidentifikasi.

8. Obat-obatan pribadi

Selain baju dan gadget ada barang yang tak kalah penting untuk dibawa saat traveling yaitu obat-obatan. Bawalah obat-obatan pribadi Anda sebagai langkah preventif terhadap penyakit yang bisa saja menjangkiti selama traveling.

Penyakit yang biasa diderita para traveler antara lain maag, sakit kepala, masuk angin, flu, dan batuk. Jadi, tentu sangat penting untuk membawa obat merek tertentu yang sering Anda konsumsi untuk berjaga-jaga siapa tahu obat yang menjadi andalanmu tidak dijual di tempat tujuan.

Jadi, sudah tahu, kan, Sahabat NOVA apa saja persiapan penting agar tubuh tetap sehat selama liburan? Selamat mencoba!

 

Sumber: Tabloid Nova (http://nova.grid.id/Plesir/Tips-Plesiran/5-Jenis-Penyakit-Langganan-Saat-Liburan-Dan-Cara-Menghindarinya)

Categories: Media Clipping and RS Awal Bros Bekasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *