Dr.Edy Fakhrizal,SpOG (K) : Prolaps Uteri Bisa Menjadi Faktor Munculnya Benjolan di Vagina

Tanya :

Assalamualaikum Dok, Saya Ny, Fatmawati  saat ini berusia 56 tahun dan sudah memiliki 4 anak yang saya lahirkan semuanya secara normal dengan bantuan bidan. Saya mau menanyakan  tentang benjolan yang sering muncul pada (maaf) vagina saya terutama saat berdiri dan nyeri pinggang. Menurut Bidan yang membantu persalinan saya dulu,katanya itu adalah peranakan turun dan saya disarankan untuk operasi ke dokter spesialis.  Terus terang saya takut operasi. Apakah penyakit ini bisa diobati tanpa operasi dok?

Ny Fatmawati , Jalan Hangtuah Pekanbaru

Jawab :

Wa’alaikumsalam , Ny Fatmawati , apa yang Ny. Fatmawati rasakan sebenarnya merupakan hal yang banyak terjadi pada ibu-ibu yang telah melahirkan. Sesuai dengan gejala yang anda sampaikan, kemungkinan besar saat ini anda memang menderita Prolaps Uteri atau seringkali orang awan menyebutnya sebagai peranakan turun. Prolaps Uteri adalah suatu kelainan pada organ panggul yang terjadi sebagai akibat lemahnya jaringan penyokong dasar panggul, sehingga rahim keluar dari kemaluan dan kelihatan sebagai benjolan.Umumnya keadaan disebabkan terutama karena proses persalinan normal terlebih bila persalinan itu berlangsung lama dan relatif sulit (misalnya dengan vakum) dan terjadi berulang-ulang (anaknya banyak). Penyebab yang lain memang dikarenakan usia yang lanjut, juga karena sering mengangkat beban berat (misalnya menggendong cucu).

Untuk pengobatan kelainan ini tergantung berat ringan penyakit. Kalau masih ringan (derajat I-II) bisa tanpa operasi, mungkin dengan latihan saja (senam Kegel) atau alat yang ringan (Ring Pessarium), tetapi bila derajatnya berat (derajat III-IV) memang membutuhkan operasi. Dengan kondisi pasien yang optimal, lama perawatan untuk operasi prolaps uteri kira-kira hanya 2-3 hari saja (dari persiapan operasi hingga pulang).Hasil operasi cukup baik dengan angka kesuksesan mencapai 95%.

Tentunya, untuk menentukan perlu tidaknya anda menjalani operasi maka perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu, sehingga dokter dapat menilai kondisi prolaps uteri anda. Untuk itu sebaiknya anda mengatur waktu untuk konsultasi.

Saat ini, di Pekanbaru telah tersedia klinik yang khusus menangani kasus-kasus prolap uteri seperti yang ibu alami secara menyeluruh dan tuntas, namanya klinik Uroginekologi & rekonstruksi, salah satunya ada di Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru.

Semoga dapat memberi manfaat. Terima kasih.

 

dr.Edy Fakhrizal,SpOG (K) Uroginekologi

Spesialis Kebidanan dan Kandungan, Konsultan Uroginekologi & Rekonstruksi

KLINIK UROGINEKOLOGI REKONSTRUKSI RS Awal Bros Pekanbaru

Jadwal Praktek : Senin s/d Sabtu Pkl. 14.00 s/d 17.00 WIB

Info dan Pendaftaran, hub :

08117510599 (Customer Care)

 

Categories: Consultation and RS Awal Bros Pekanbaru.

Comments

    • reny

      Terimakasih sebelumnya…disarankan Ibu untuk berkonsultasi terlebih dahulu, berikut jadwal dokternya ya bU :

      dr.Edy Fakhrizal,SpOG (K) Uroginekologi

      Spesialis Kebidanan dan Kandungan, Konsultan Uroginekologi & Rekonstruksi

      KLINIK UROGINEKOLOGI REKONSTRUKSI RS Awal Bros Pekanbaru

      Jadwal Praktek : Senin s/d Sabtu Pkl. 14.00 s/d 17.00 WIB

      Info dan Pendaftaran, hub :

      08117510599 (Customer Care)

  1. Jeane

    Assalamualaikum..dok sy ibu dengan 3 anak,baru baru ini sy di vonis mioma degenerasi dan karena sy sudah 3x secar sy disarankan untuk mencari spesialis uroginekologi yg kebetulan di pulau Sulawesi hanya ada di Makassar,mohon instruksinya apa yg harus sy lakukan dok..karena sy dan suami bingung dengan situasi ini.. terimakasih banyak atas perhatiannya..

    • wahyu

      Baik ibu kami sarankan untuk tetap tenang. Untuk wilayah sulawesi ada di RS Awal Bros Makassar dr. David Lotisna, SpOG. Sementara untuk prosedurnya ibu silahkan datang kebagian pendaftaran di RS Awal Bros Makasssar nanti akan dibantu oleh tim kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *