Depresi Adalah Suatu Penyakit yang Dapat Diobati

Dr. Feranindhya Agiananda. SpKJ (k) (Spesialis Kesehatan Jiwa/Psikiater) RS Awal Bros Bekasi

Belakangan ini kita banyak mendengar bahwa banyak fenomena orang-orang mengalami suatu kondisi yang disebut sebagai depresi. Depresi itu adalah kondisi ketidakstabilan mental emosional yang biasanya memang ditandai dengan adanya gangguan suasana perasaan, pikiran dan perilaku yang terlihat sebagai kondisi murung, sedih, tidak bersemangat dan biasanya menganggu aktifitas sehari-hari.

Banyak orang yang menganggap bahwa depresi ini merupakan suatu tanda dari kelemahan mental seseorang sehingga banyak kemudian mencoba untuk mengabaikan penyakit tersebut. Namun sebetulnya depresi ini adalah sebuah penyakit yang dapat diobati, karena memang kondisi depresi ini bisa terjadi pada semua orang, pada semua usia, tidak mengenal apakah itu seorang laki-laki atau perempuan atau dengan berbagai status sosial ekonomi .

Untuk mengetahui apakah kita terkena depresi, biasanya dapat dilihat dari adanya perubahan kondisi emosional dari seseorang. Seseorang yang biasanya aktif, kemudian akan menarik diri dari lingkungannya. Terlihat murung, sedih. Kehilangan minat untuk melakukan hal-hal yang biasanya dia sukai. Kemudian biasanya dia juga disertai dengan penurunan nafsu makan, adanya gangguan tidur, kelelahan yang tidak biasanya kemudian juga dapat disertai dengan penurunan gairah seksual, keinginan untuk bersosialisasi dengan rekan sejawatnya dan juga kadang disertai dengan beberapa keluhan fisik seperti misalnya sakit kepala, mual, berdebar-debar dan gangguan pencernaan.

Apabila kita terkena depresi jangan khawatir karena depresi ini adalah suatu penyakit yang dapat diobati. Pengobatan yang utama dari depresi biasanya adalah dengan pemberian pengobatan yang kita sebut sebagai anti depresan. Anti depresan jenisnya beraneka ragam dan ini dapat dikonsultasikan dengan seorang psikiater .

Apabila Anda mengkonsumsi anti depresan ini secara teratur, kondisi depresi Anda dapat teratasi. Jangan khawatir apabila pengobatan depresi ini akan menimbulkan ketergantungan karena obat depresi tidak menyebabkan anda mengalami ketergantungan. Selain pengobatan menggunakan psikofarmaka atau obat-obatan ada terapi yang lain yaitu yang kita sebut sebagai psikoterapi dengan anda berkonsultasi dengan seorang psikiater.

Anda akan dibantu cara anda untuk mengatasi berbagai permasalahan kehidupan anda dengan lebih adaptif. Cara mengatasi stresnya akan dibantu cara anda memandang masalah yang tadinya mungkin secara negatif juga akan bisa terbantu. Berbagai penelitian mengatakan bahwa dengan kombinasi antara psikoterapi dengan psikofarmaka hasilnya akan sangat membantu pasien-pasien depresi untuk mengalami pemulihan.

Jadi depresi dapat terjadi pada semua orang, namun tentunya depresi bukan sesuatu hal yang tidak dapat kita cegah. Untuk mencegah depresi yang pertama kali harus kita lakukan adalah memperkembangkan pemikiran positif terhadap berbagai peristiwa kehidupan yang kita alami. Seorang manusia tentunya tidak akan mungkin bebas dari masalah sepanjang masa kehidupannya. Tapi yang membuat mereka menjadi berhasil dalam mengatasi masalah adalah cara pandangnya yang positif. Jadi dengan selalu memperkembangkan cara pandang yang positif terhadap berbagai masalah yang kita hadapi maka diharapkan akan terhindar dari pikiran-pikiran negatif yang dapat kemudian membawa kita kedalam suatu kondisi depresi.

Apabila diri anda ataupun anda mengenal seseorang yang tiba-tiba mengalami perubahan emosional mulai menarik diri, menyendiri, murung, sedih atau mengalami berbagai gejala depresi yang sudah disebutkan tadi, langkah pertama yang anda harus lakukan adalah segera berobat ke psikiater. Karena dengan pengobatan yang baik dan tepat, depresi dapat diatasi dan dapat disembuhkan. Anda bisa mengunjungi kami di RS Awal Bros Bekasi karena kami memiliki layanan kesehatan jiwa yang lengkap dan komprehensif.

Categories: Artikel and RS Awal Bros Bekasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *