AWAS! Fobia Bikin Hidup Kurang Asyik

Ilustrasi Phobia

Pernahkah kamu merasa takut ketika melihat atau melakukan sesuatu? Atau saking takutnya sampai-sampai membuat kamu pingsan.

Jika kamu merasakan ketakutan yang luar biasa terhadap suatu hal, berarti kamu mengidap gangguan psikologi yang dinamakan fobia.

Banyak hal yang ditakutkan para pengidap fobia yang terkadang bagi orang lain tidak masuk akal, misalnya takut pada cermin, takut akan kebebasan, takut pada listrik, dan takut pada lingkungan sosial atau Social Anxiety Disorder (SAD).

Sejumlah artis Indonesia, juga mengalami penyakit psikologi ini, seperti Raffi Ahmad yang fobia melihat rambutan, Iko Uwais fobia melihat kerupuk, Afgan fobia terhadap barongsai, dan Donita fobia melihat ambulans.

Ibu Maryana, M. Psi., Psi Psikolog Anak RS Awal Bros Batam

Takut dan fobia adalah dua hal yang berbeda loh guys. Maryana selaku psikolog di Rumah Sakit Awal Bros Batam (RSAB) mengungkapkan bahwa takut adalah sesuatu masih bisa dikendalikan dan setiap orang memiliki rasa takut.

Tapi fobia adalah tingkat ketakutan yang luar biasa yang sulit untuk dikendalikan. Ada terdapat tiga jenis fobia secara umum, yaitu fobia spesifik yaitu ketakutan yang berlebihan pada hal spesifik seperti takut ke dokter gigi.

Kedua,Fobia sosial (SAD) yaitu ketakutan luar biasa pada lingkungan sosial atau situasi yang ramai. Terakhir, fobia agora yaitu ketakutan yang akut saat berada di tempat yang tidak ada jalan keluar, seperti berada dalam ruang sempit atau berada di ruangan yang terlalu luas.

“Fobia ini membuat kecemasan. Orang yang mengidap fobia akan menghindari hal yang akan membuatnya cemas. Ciri-ciri orang fobia, saat cemas terhadap sesuatu badannya gemetaran, jantung berdebar, keringat dingin, dan ia akan menghindar dari hal tersebut,” ungkap Maryana, Kamis (6/4/2017).

Fobia tidak terjadi pada semua orang guys. Hanya orang tertentu yang memang punya riwayat fobia dari kecil hingga dewasa. Fobia terjadi karena ada struktur otak yang tidak berfungsi.  Selain itu fobia juga disebabkan adanya trauma yang pernah dialami.

“Kecemasan itu penting selama kecemasan dalam ukuran yang minim dan akan berakibat positif. Yang bermasalah itu jika kecemasan yang terlalu berlebihan maka akan mengganggu kehidupan orang tersebut,” terang Maryana. (*)

Cara Hilangkan Fobia
1. Terapi Obat
Fobia bisa dihilangkan dengan cara berobat yang biasanya ke psikiater. Kamu akan diberikan terapi obat untuk menghilangkan gangguan kecemasan yang berlebihan yang ada pada diri. Kamu

2. Psikotherapy
Terapi yang diberikan psikiater dengan menggali kecemasan yang ada pada diri kamu dari alam bawa sadar kamu.

3. Cognitive Behavior Therapy (CBT)
Pengobatan terapi yang dilakukan secara bertahap dan berproses, dengan mengawali hal-hal yang sederhana seperti menunjukkan gambar sesuai dengan yang ditakuti hingga ke titik klimaks dengan menunjukkan benda realnya.

 

SUMBER : tribunnews.com : http://batam.tribunnews.com/2017/04/07/awas-fobia-bikin-hidup-kurang-asyik?page=2 | Jumat, 7 April 2017

Categories: Media Clipping and RS Awal Bros Batam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *