Harapkan Dokter Umum Cepat Tangani Pasien Jantung

dr. Dasdo Antonius Sinaga. SpJp – FHA, menjadi salah satu pembicara dalam pelatihan membaca Elektrokardiografi (EKG)

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU – Sebanyak 40 orang dokter umum Rumah Sakit Awal Bros dan klinik rekanan dari seluruh Riau mengikuti pelatihan Elektrokardiogram (EKG) di Ruangan Muslimah, Lantai 2 Rumah Sakit Awal Bros, Kamis (13/4). Menghadirkan tiga orang dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, yakni dr Dasdo Antonius Sinaga SpJP-FHA, dr Vebiona Kartini PP SpJP-FHA dan dr Lia Valentino Astari SpJP.

Dr Dasdo mengatakan, pelatihan tersebut sudah sering diadakan dan saat ini, diselenggarakan untuk ke enam kalinya. Para dokter umum itu diberi bekal dan ilmu cara menggunakan alat EKG untuk pasien penyakit jantung.

“EKG merupakan alat rekam jantung. Jadi fungsinya adalah untuk mendeteksi awal orang-orang berpenyakit jantung. Jadi ilmu cara menggunakannya harus dimiliki oleh dokter-dokter umum yang ada di Riau,”ungkapnya.

Menurut dokter spesialis Jantung dan Pembuluh Darah ini, pelatihan itu sangat penting, agar pasien penyakit jantung cepat tertangani. Sehingga bisa mengurangi resiko yang lebih besar. Dimana dokter umum bisa langsung memberikan rujukan ke rumah sakit terdekat.

“Kami para dokter spesialis penyakit jantung bertangungjawab memberikan pengalaman dokter-dokter umum. Dimana tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kapabilitas para dokter umum klinik dari seluruh Riau agar bisa dengan cepat mengetahui gejala penyakit jantung pasien. Sehingga orang yang berpenyakit jantung cepat dirujuk dan ditangani ke pihak rumah sakit. (*)

Sumber: http://pekanbaru.tribunnews.com/2017/04/13/harapkan-dokter-umum-cepat-tangani-pasien-jantung

 

Categories: Media Clipping and RS Awal Bros Pekanbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *