Pentingnya Kesehatan Gusi

Dokter Spesialis Penyakit Gusi dan Jaringan Penyangga Gigi Rumah Sakit Awal Bros Batam, drg. Airina, SpPerio memberikan penjelasan tentang cara mengosok gigi yang baik dan perawatan gusi

Kesehatan gigi dan mulut seringkali dianggap sepele oleh sebagian orang. Padahal kesehatan dalam tubuh kita satu dengan yang lainnya saling berkaitan. Masalah kesehatan gigi dan mulut yang paling sering kita jumpai adalah gigi berlubang, gigi goyang, gigi sensitive, bau mulut yang tidak sedap, serta gusi sering berdarah.

Dalam kehidupan sehari – hari yang sering dikeluhkan masyarakat adalah gusi berdarah pada waktu menyikat gigi, gusi berwarna kemerahan dan membesar yang kita kenal sebagai peradangan pada gusi atau dalam istilah kedokteran disebut gingivitis.

Menurut Dokter Spesialis Penyakit Gusi dan Jaringan Penyangga Gigi Rumah Sakit Awal Bros Batam (RSABB), drg. Airina, Sp Perio penyebab radang gusi adalah plak. Plak adalah lapisan tipis berwarna bening yang di dalamnya mengandung bakteri yang melekat erat pada permukaan gigi. Plak ini terbentuk dari sisa makanan.

Plak bisa dihilangkan dengan cara menggosok gigi dan menggunakan dental floss. Jika dalam waktu 24 jam tidak dibersihkan plak tersebut akan mengeras dan mengalami klasifikasi sehingga terbentuklah karang gigi. Bagian mulut yang penting diperhatikan kesehatannya bukan hanya gigi tetapi juga gusi. Kesehatan dan kebersihan gusi sangat penting, mengingat fungsi gusi untuk melindungi akar dan tulang yang ada pada gigi. Banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang pentingnya menjaga kesehatan gusi.

 

Dokter Spesialis Penyakit Gusi dan Jaringan Penyangga Gigi Rumah Sakit Awal Bros Batam, drg Airina, SpPerio saat memeriksa gigi pasien di Rumah Sakit Awal Bros Batam

Ketidaksadaran tersebut menyebabkan pasien datang sudah dalam kondisi radang gusi yang parah. Dimana sudah terjadi kehilangan tulang yang parah dan menyebabkan gigi tersebut goyang atau tanggal dengan sendirinya. Jika sudah sampai terjadi hal ini, maka dalam istilah kedokteran dikenal dengan periodontitis.

Radang gusi ini bila tidak ditangani dengan tepat, maka masalahnya bisa berpengaruh terhadap kesehatan kesehatan umum lainnya, seperti meningkatnya resiko penyakit jantung, diabetes, hipertensi, dan pada kehamilan bisa mengakibatkan bayi premature, bayi lahir dengan berat badan rendah. Hal ini disebabkan Karena bakteri yang ada dimulut akan menyebar melalui pembuluh darah ke bagian tubuh lainnya,”ujarnya.

Karena itu, penting sekali bagi perempuan yang sedang merencanakan kehamilan atau dalam keadaan hamil untuk memeriksakan gusi dan giginya. Karena pada kehamilan biasanya hormon progesterone dan estrogen meningkat. Sehingga perlu perhatian yang lebih untuk mencegah terjadinya gingivitis. “Naiknya hormone tersebut menyebabkan resiko gingivitis semakin meningkat pula,” ucapnya. Dokter lulusan Universitas Indonesia (UI) ini mengajak masyarakat untuk menjaga dan merawat kesehatan gigi dan mulut sejak dini.”Gusi dan gigi adalah cerminan dari penampilan seseorang. Jika gusi dan gigi sehat, kita dapat beraktivitas lancer dan senyuman pun mempesona,”katanya.

 

Ilustrasi gusi sehat

CARA MERAWAT

Salah satu cara menjaga kebersihan mulut dan gigi adalah dengan menyikat gigi. Meskipun sederhana, sebagian orang banyak yang belum mengetahui bagaimana cara menggosok gigi dengan baik dan benar, serta cara penggunaan dental floss (Benang gigi). Dokter spesialis penyakit gusi dan jaringan penyangga gigi RS Awal Bros Batam (RSAB), drg. Airina, Sp Perio memberitahukan beberapa cara merawat gigi dan gusi, diantaranya :

  1. Gosok gigi

Gosoklah gigi secara tratur dua kali sehari setelah sarapan dan sebelum tidur. Jangan hanya permukaan gigi saja yang digosok, tetapi gosok juga area tepi gusi dengan kemiringan sikat gigi 45 derajat.

  1. Pilih sikat gigi yang tepat

Selain rutinitas gosok gigi yang teratur, sebaiknya memilih sikat gigi yang tepat. Pilihlah sikat gigi berbulu lembut dan berkepala kecil. Dengan begitu, sikat gigi dapat menjangkau sudut – sudut gigi.

  1. Gunakan benang gigi

Selain menggosok gigi, anda juga dapat membersihkan sela – sela gigi dengan benang gigi.

  1. Konsumsi makanan bergizi

Asupan nutrisi yang baik akan membuat gusi dan rongga mulut tetap sehat. Untuk menjaga kesehatan gusi, penuhilah kebutuhan vitamin C dan B12.

  1. Konsultasi Dokter

Konsultasikan ke dokter secara berkala untuk mendeteksi apabila ada gejala radang gusi. Dengan begitu radang gusi bisa segera diatasi dengan cara yang tepat.

Sumber : Batam Pos | Healthy Living | 9 April 2017 | Hal. 23
Categories: Media Clipping and RS Awal Bros Batam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *