3 Cara Memutihkan Gigi

Ilustrasi (Foto : Internet)

JAKARTA (netralitas.com) –  Gigi kusam atau kuning sangat mengganggu penampilan, membuat kita kurang percaya diri. Sudah rutin menyikat gigi tapi gigi masih kusam? Bagaimana caranya agar gigi menjadi putih cemerlang? Ada beberaapa cara untuk memutihkan gigi, tapi harus diketahui terlebih dahulu faktor penyebanya, karena berbeda juga cara memutihkannya.

Ada 2 penyebab gigi Anda terlihat kusam, bisa berasal dari dalam atau dari luar gigi. Faktor dari luar dapat berupa noda stain rokok, kopi, teh, cola, red wine, sisa lem behel atau sisa makanan berwarna lainnya bisa menenpel di permukaan gigi dan menimbulkan bercak warna coklat / hitam / kuning di permukaan gigi dan membuat gigi terlihat kusam. Sedangkan faktor dari dalam berasal dari dalam gigi. Penyebabnya bisa bermacam – macam seperti anti biotic tetrasiklin, kelebihan fluor, gigi yang sudah mati akibat terbentur atau lubang / keropos.

Selain faktor tersebut di atas, faktor individu yang satu dan lainnya memiliki variasi warna dasar gigi yang berbeda–beda. Ada yang memiliki warna gigi asli yang putih dan ada juga yang berwarna kuning. Hal ini terjadi biasanya karena faktor genetik, bisa jyga karena faktor usia.

Secara umum ada 3 cara membuat gigi menjadi putih bersih. Yang pertama bisa metode polishing atau gigi dipoles menggunakan alat khusus dilakukan oleh dokter gigi. Cara ini efektif menghilangkan noda / stainyang menempel pada permukaan gigi seperti noda rokok, kopi, teh, cola, wine dan sebagainya. Biasanya polishing dilakukan sepaket dengan pembersihan karang gigi. Tapi bila warna dasar giginya kuning setelah dipolish bisa dilanjutkan dengan bleaching agar hasil lebih maksimal.

Cara kedua bleaching yaitu prosedur pemutihan gigi dengan menggunakan obat bleaching khusus. Prosedur bleaching terdiri dari 2 macam, yaitu internal dan eksternal. Bleaching internal efektif untuk memutihkan gigi yang sudah mati akibat terbentur atau berlubang. Perawatan ini hanya untuk gigi yang bermasalah saja, perlu beberapa kali kontrol ke dokter agar warna gigi bisa sama dengan gigi sebelahnya baru kemudian bisa ditambal permanen. Bleaching eksternal digunakan untuk memutihkan seluruh gigi depan atas dan bawah dengan cara dioles obat bleaching pada permukaan gigi. Cara ini bisa dilakukan dirumah maupun di ruang praktek dokter gigi.

Cara memutihkan gigi yang ketiga dengan cara veneer yaitu melapisi permukaan gigi dengan bahan komposit atau porselen. Kelebihan prosedur veneer antara lain dapat memperbaiki bentuk dan ukuran gigi, memutihkan gigi yang banyak tambalan yang tidak dapat diatasi dengan cara bleaching.

Cara memutihkan gigi sangat tergantung dari penyebab gigi berwarna gelap / kusam dan keinginan Anda apakah hanya untuk memutihkan gigi saja atau sekaligus memperbaiki bentuk dan posisinya. Konsultasikan kesehatan gigi Anda agar mendapatkan solusi terbaik.

http://www.netralitas.com/gayahidup/read/24663/3-cara-memutihkan-gigi

Categories: Media Clipping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *