Rehabilitasi Jantung

REHABILITASI jantung merupakan penanganan multi disiplin dan program pencegahan sekunder untuk pasien-pasien setelah serangan jantung dan angioplasty.
Menurut Dokter Spesialis Jantung Rumah Sakit Awal Bros Sudirman Pekanbaru dr Dasdo Antonius Sinaga SpJP-FIHA, tujuan dari rehabilitasi jantung adalah untuk memperoleh penanganan dan edukasi yang komprehensif dan menyeluruh untuk membantu penyembuhan dan mencegah timbulnya masalah jantung di kemudian hari.
Program ini terdiri dari dua bagian utama yakni; Pertama, edukasi dan konseling. Hal ini untuk membantu pasien mengerti kondisi jantung dan mencari cara untuk mengurangi risiko terkena masalah jantung. “Perawat akan membuat tujuan dengan pasien dan pasien akan belajar bagaimana mengatur faktor risiko yang dialaminya selama ini,” ujar dr Dasdo. Kedua, latihan olahraga. Hal ini akan mengajarkan pasien berolahraga secara benar dan efektif berdasarkan kemampuan dan kebutuhan pasien. “Olahraga yang teratur akan memperbaiki kebugaran kardiovasikuler kita,” sebutnya.
Rehabilitasi jantung memiliki banyak keuntungan yaitu mengurangi risiko masalah jantung di masa yang akan datang dan risiko meninggal karena serangan jantung, mengurangi nyeri dan kebutuhan obat untuk mengatasi nyeri jantung atau dada, mengurangi kemungkinan pasien untuk kembali ke rumah sakit atau unit gawat darurat untuk masalah jantung, memperbaiki kesehatan pasien secara keseluruhan dengan mengurangi faktor risiko jantung, memperbaiki kualitas hidup dan membuat pasien bekerja lebih mudah dan ikut ambil bagian di aktivitas sosial dan olahraga.

Sumber : Riau Pos, Minggu (23 April 2017)

 

Categories: Media Clipping and RS Awal Bros Pekanbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *