Penyebab dan Gejala Penyakit Lupus

Lupus adalah penyakit autoimun kronis di mana sistem kekebalan tubuh menjadi hiperaktif sehingga menyerang jaringan normal dan sehat yang berada di dalam tubuh. Hal ini mengakibatkan gejala seperti pembengkakan dan kerusakan sendi, kulit, ginjal, darah, jantung, paru-paru dan lain-lain.

Beberapa jenis lupus telah teridentifikasi, yaitu

  • Cutaneus, disebut sebagai discoid yang mempengaruhi kulit.
  • Systemic Lupus Erythematous (SLE),  menyerang organ tubuh seperti persendian, darah, paru-paru, kulit, jantung, ginjal, hati, otak dan saraf.
  • Drug Induced Lupus (DIL), timbul karena menggunakan obat-obat tertentu, namun apabila pemakaian obat dihentikan maka gejala akan hilang.

Pasien dengan discoid memiliki versi penyakit yang lebih mengarah kepada kulit. Hal ini ditandai dengan ruam yang muncul di wajah, leher, kulit kepala dan itu tidak mempengaruhi organ dalam tubuh. Berdasarkan dari sumber www.medicalnewstoday.com kurang dari 10% pasien yang menderita discoid ini berkembang menjadi SLE, namun tidak ada cara untuk memprediksi atau mencegah, sehingga awal dari penyakit ini tidak diketahui.

Beda halnya dengan SLE, penyakit ini lebih parah dari discoid. Karena penyakit ini bisa mempengaruhi organ tubuh atau sistem organ manapun. Beberapa orang mungkin mengalami peradangan atau masalah lain pada kulit dan persendian, tetapi komplikasi pada penderita SLE dapat dapat menyerang persendian, paru-paru, ginjal, darah, bahkan jantung.

Drug Induced Lupus (DIL), adalah penyakit lupus akibat obat dengan gejala sangat mirip dengan SLE. Obat yang paling sering dikaitkan dengan DIL adalah obat hipertensi yang disebut hydralazine dan obat aritmia jantung yang disebut procainamide. Selain itu ada sekitar 400 obat lain yang juga dapat menyebabkan kondisi DIL. Akan tetapi penyakit ini dapat reda apabila pasien berhenti untuk mengkonsumsi obat tersebut.

Gejala penyakit lupus yang paling mendasar adalah:

  • Sering merasa lemah, kelelahan yang berlebihan, demam dan pegal-pegal
  • Gangguan pencernakan dan kulit, penderita kulitnya mudah gosong akibat paparan sinar matahari
  • Anemia dan gejala anemia karena imun tubuh juga menyerang sel-sel darah merah
  • Muncul ruam merah di kedua pipi, mirip kupu-kupu atau ruam merah seperti cakram pada seluruh bagian tubuh.

Untuk pengobatan penyakit lupus tergantung pada gejala dan organ mana yang terkena. Obat yang dikonsumsi adalah anti radang  yang diberikan pertama kali. Jika kondisi pasien tidak kunjung membaik, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter Rumah Sakit Awal Bros Panam.

Categories: Artikel and RS Awal Bros Panam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *