Mengobati Kulit Bersisik

Ilustrasi (Foto : Internet)

JAKARTA (netralitas.com) –  Psoriasis adalah penyakit peradangan kulit kronis yang sering ditandai dengan bercak merah tebal dan bersisik. Umumnya mengenai siku, lutut, kulit kepala dan lain–lain. Pria dan wanita memiliki kemungkinan terkena penyakit ini yang sama besar dan dapat mengenai semua usia.

Psoriasis dapat timbul pada tempat terjadinya trauma. Gejala yang timbul dapat berupa bercak kemerahan berbatas tegas dengan sisik tebal. Ukurannya bervariasi mulai dari ukuran kecil sampai menutupi area tubuh yang luas. Di bawah sisik akan tampak bintik–bintik perdarahan.

Psoriasis dapat menyerang sendi sehingga menjadi bengkak dan kaku serta perubahan pada kuku berupa perubahan warna, kuku lepas dan hancur. Penyebab psoriasis belum diketahui secara pasti, namun diduga disebabkan oleh autoimun. Penyakit ini tidak menular.

Penyakit ini terjadi karena sel kulit terbentuk secara berlebihan. Pada kondisi normal sel kulit terganti dalam beberapa minggu, namun pada penderita psoriasis terjadi lebih cepat. Terdapat beberapa faktor yang juga diduga berperan dalam menimbulkan penyakit ini, seperti infeksi tenggorokan, stres dan trauma kulit. Faktor keturunan dapat meningkatkan risiko psoriasis. Orang yang menderita psoriasis memiliki faktor genetik yang kuat.

Beberapa faktor pemicu kambuhnya psoriasis meliputi :
– Infeksi tenggorokan
– Konsumsi alkohol berlebihan
– Obesitas
– Stres
– Merokok
– Perubahan hormon haid, menopause

Perubahan kulit pada penderita psoriasis memiliki bentuk yang khas sehingga dapat dikenali dengan mudah. Namun untuk menegakkan diagnosis pasti, perlu mengambil sample kulit untuk diperiksa di bagian Patologi Anatomi.

Pengobatan psoriasis tergantung pada luas serta tipe psoriasis yang diderita seseorang. Pemberian pelembab berguna untuk melembutkan dan melembabkan kulit. Pengobatan yang diberikan dapat berupa pelembab, obat krim, salep, terapi cahaya dan obat diminum.

http://www.netralitas.com/gayahidup/read/25793/mengobati-kulit-bersisik

Categories: Media Clipping and RS Evasari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *