RS Awal Bros Panam Gathering Komunitas Hemodialisa

Pasien Hemodialisa RS Awal Bros Panam Dapat Diskon Berobat.

Manajemen RS Awal Bros Panam Menggelar Gathering Bersama Komunitas Hemodialisa di RS Awal Bros Panam.

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan RS Awal Bros Panam beserta pasien dan keluarga pasien Hemodialisa (HD) yang tergabung di dalam KPCDI ( Komunitas Penderita Cuci Darah Indonesia) Cab. Pekanbaru hadir dalam acara Gathering Besama Komunitas Hemodialisa RS Awal Bros Panam dengan tema “Menyambut Bulan Ramadhan Dengan Bermaaf- maafan yang dilakukan pada hari senin, tanggal 15 Mei 2017. Kegiatan yang dilaksanakan ini menghadirkan beberapa nara sumber, yaitu dari Direksi RS Awal Bros Panam, ahli gizi RS Awal Bros Panam serta ustad  H. Irwan Sa’id, LC yang ikut menyampaikan ceramah mengenai motivasi pasien hemodialisa untuk sehat dari sudut pandang agama.

Manager Bussines and Development RS Awal Bros Panam, dr. Rumatha Veralisa Sihaloho mengatakan tujuan untuk melakukan kegiatan Gathering ini adalah untuk mendekatkan diri kepada para penderita pasien HD serta mendengarkan pendapat- pendapat dari para pasien serta keluarga pasien untuk menjadikan RS Awal Bros Panam ini menjadi lebih baiknya.

Tidak hanya itu diakhir acara nanti kita akan melakukan penanda tanganan MOU bersama perwakilan pasien Hemodialisa guna apabila Pasein HD serta keluarga ingin berobat ke RS Awal Bros Panam mendapatkan diskon spesial dari RS Awal Bros Panam. Dokter yang akrab dipanggil dr. Chaca itu menyampaikan bahwa semua pasien HD di RS Awal Bros Panam sangatlah ramai, maka dari itu kita melakukan Gathering ini. Awal Bros Panam akan selalu melakukan inovasi layanan yaitu, penambahan layanan Hemodialisa di hari minggu, mengingat banyaknya jumlah pasien cuci darah yang belum memiliki jadwal Hemodialisa dan bersamaan dengan itu juga meningkatkan kemampuan kompetensi keperawatan yang bersertifikat nasional serta penambahan pelayanan dokter spesialis bedah toraks dan vaskuler. Hal ini diperuntukkan agar kualitas pelayanann cuci darah di RS Awal Bros panam menjadi yang terbaik dan peserta cuci darah memiliki kualitas angka survival rate yang tinggi. Di acara Gathering itu keluarga pasien juga dilibatkan karena kebutuhan pasien harus mendapatkan dukungan penuh dari keluarga, termasuk pengaturan jumlah cairan yang masuk kebutuhan gizi setiap pasien. Selain sisi fisik yang dibutuhkan pasien juga kebutuhan psikologis dengan mendatangkan ustad sehingga memberi motivasi kepada pasien dan keluarga pasien.

Ahli gizi RS Awal Bros Panam Dika Maya Sari, Amd. Gz, ikut menyampaikan bagaimana cara diet bagi penderita Hemodialisa. Pada penderita penyakit ginjal kronis, perlu penyesuaian pola makan, seperti:

  • Pembatasan cairan yang masuk
  • Membatasi masukan protein, makanan yang dikonsumsi tidak boleh mengandung protein yang tinggi
  • Membatasi masukan garam, kalium, fosfor dan elektrolit lainnya
  • Membatasi cukup karbohidrat

Prinsip diet pada penderita penyakit ginjal kronis adalah untuk menjaga kadar elektrolit, mineral dan cairan dalam tubuh tetap dalam keadaan seimbang. Masukan cairan berlebih, sulit dikeluarkan oleh tubuh dan berpotensi menimbulkan penumpukan cairan pada jaringan tubuh, seperti paru-paru, yang menyebabkan sesak nafas. Karena itu perlu adanya pembatasan cairan pada penderita penyakit ginjal kronis.
Management RS Awal Bros Panam pun mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pasien dan keluarga pasien yang hadir di acara Gathering Komunitas Hemodialisa ini. Tetap jaga kesehatan dan pola makan untuk selalu sehat dan menyambut bulan suci Ramdhan 1438 H seluruh karyawan RS Awal Bros Panam mengucapkan mohon maaf lahir dan batin.

sumber : Tribun Pekanbaru, Selasa 16 Mei 2017

Categories: Media Clipping and RS Awal Bros Panam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *