Tusuk Jarum Akupuntur Hilangkan Nyeri Akibat Lebih dari 40 Penyakit

AKUPUNTUR atau tusuk jarum merupakan salah satu pengobatan untuk meredakan nyeri akibat berbagai penyakit. Terapi itu di dunia medis sudah mulai dikembangkan.

Spesialis Akupuntur dr Ainil Masthura SpAk dari RS Awal Bross Evasari menjelaskan, pasien yang menjalani terapi akupuntur akan ditusuk jarum khusus di titik-titik bagian tubuh yang tepat. Secara medis, terapi ini terbukti dapat membantu mengurangi nyeri dari berbagai macam penyakit.

“Tindakan akupuntur di dunia medis sudah menegakkan diagnosa dokter untuk preventif dan kuratif,” ujarnya dalam Seminar Awam Sehat Bersama Akupuntur di RS Awal Bros Evasari, Rawasari, Jakarta Pusat, Sabtu (13/5/2017).

dr Ainil mengungkapkan, WHO telah merekomendasikan terapi akupuntur untuk mengobati lebih dari 40 penyakit. Sebenarnya, teknik tusuk jarum ini membantu pasien untuk melepaskan hormon endorfin dari otak.

“Mekanismenya akupuntur mengeluarkan mediator inflamasi seperti histamin. Lalu merangsang tulang belakang yang ditransfusikan ke talamus otak untuk mengeluarkan endorfin,” terang dr Ainil.

Dampak baiknya, setelah pasien menjalani terapi akupuntur membuat tubuhnya terasa nyaman. Apalagi pasien yang sering mengeluhkan nyeri bisa menghilangkan rasa itu.

“Penyakit yang bisa diakupuntur banyak, misalnya osteoarthritis, insomnia, infertilitas, hipertensi, bahkan asam urat,” pungkasnya.

http://lifestyle.okezone.com/read/2017/05/13/481/1690158/tusuk-jarum-akupuntur-hilangkan-nyeri-akibat-lebih-dari-40-penyakit

Categories: Media Clipping and RS Evasari.

Comments

    • tino

      Dear, Ibu Tessa

      Hemafacial spasm bisa diakupunktur selama penyebabnya bukan karena tumor Bu, karena akupunktur baik untuk mengurangispasm otot yang terjadi, namun kesembuhannya tentu berhubungan dengan penyebab dan lama penyakit. Tidak ada salahnya menggunakan akupunktur sebagai terapinya.

      Terima kasih,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *