Ketahui Penyakit, Obati Lebih Dini

Medical Check Up diperlukan untuk mendeteksi penyakit yang ada di tubuh. Tahu lebih awal, pengobatan juga lebih cepat.

Ada sebagian orang yang masih takut untuk melakukan medical check up atau pengecekan kesehatan. Alasannya mereka takut didiagnosa tengah menderita suatu penyakit. Sehingga,banyak orang yang lebih memilih tak melakukan tahapan pengecekan kesehatan apapun ketimbang dihantui trauma memikirkan penyakitnya, yang belum tentu ada. Namun, hal itu sebenarnya keliru. Mengetahui penyakit lebih dini sebetulnya sangat membantu pengobatan nantinya, jika memang ditemukan penyakit tentunya. Jika tidak, langkah tersebut adalah bagian dari upaya mencegah timbulnya penyakit.

Menurut dr. Anna Maria, dokter umum dari klinik medical check up RS Awal Bros Batam, pengecekan kesehatan diperlukan untuk mengetahui secara dini status kesehatan seseorang. Dengan begitu, seseorang menjadi lebih waspada dan dapat menentukan langkah terkait hasil laporan kesehatannya. “Uji kesehatan yang dilakukan secara rutin dan dini lebih ditujukan untuk mencegah penyakit. Pepatah mengatakan mencegah lebih baik daripada mengobati,” ujar dr. Anna Maria.

Pada praktiknya, Medical check up merupakan serangkaian pemeriksaan kesehatan yang bertujuan mengetahui adanya diagnosa penyakit atau tidak di tubuh si pasien. Ragam pemeriksaannya juga banyak, misalkan untuk pasangan yang hendak menikah, medical check up juga berguna untuk membantu pasangan mengetahui tingkat kesehatan dari masing – masing pasangannya. “Jadi sebelum menikah mereka bisa tahu ada masalah kesehatan apa diantara pasangannya. Dengan begitu, mereka bisa saling menjaga atau merawat sehingga jadi tambah sayang dan perhatian,”ucap dr. Anna.

Beberapa pemeriksaan yang dijalani pasangan yang hendak menikah, antara lain pemeriksaan fisik, cek darah lengkap, pemeriksaan TORCH (Toxoplasma, Rubella, Citomegali virus dan Herpes) pemeriksaan kandungan dan juga pemeriksaan payudara. Pemeriksaan TORCH misalnya, dapat membantu pasangan yang ingin memiliki momongan pasca menikah. “Kalau yang mau cepat punya anak, biasanya dicek apakah ada masalah di kandungan karena virus – virus tersebut,” Ujar dr. Anna.

Dr. Anna menyebut, virus Toxoplasma biasanya berpengaruh pada kesehatan kandungan seseorang wanita. Virus ini berasal dari kotoran binatang seperti burung atau kucing. “Karena itu, yang di rumahnya memelihara binatang – binatang tersebut, sangat disarankan untuk memeriksa diri sebelum menikah,” kata dr. Anna. Sedangkan pemeriksaan lain yang bisa dijalani wanita, antara lain USG payudara untuk mendeteksi kanker payudara. Sedangkan USG kandungan, berguna untuk mendeteksi ada tidaknya kista di dalam kandungan.

Sedangkan untuk pasangan pria dan wanita, bisa juga melakukan pemeriksaan jantung. Pemeriksaan bisa dimulai dengan EKG (Elektro Kardiografi) saat tubuh berada dalam posisi diam. Sedangkan treadmill, dapat membantu mendeteksi penyakit jantung kala tubuh dibuat bergerak. Dianjurkan untuk berpuasa mulai dari jam 10 malam sampai dengan sekitar 8 jam sebelum pemeriksaan dilakukan.

Tips

Medical check up sebenarnya diperlukan bagi semua orang. Namun, banyak juga pasangan yang hendak menikah melakukan medical check up guna mempersiapkan kehidupan keluarga yang lebih sehat. Berikut saran dan makna penting medical check up sesuai uraian dr. Anna Maria.

1. Prinsipnya sebaiknya mencegah

Medical check up penting dilakukan untuk mengetahui lebih awal terkait kondisi kesehatan seseorang. Jika semua bagia tubuh seseorang baik dan itu mungkin yang diharapkan semua orang, maka itu tak akan jadi masalah. Namun jika terdeteksi ada penyakit, maka langkah antisipasi atau pengobatan semenjak dini bisa dilakukan. Sehingga, proses penyembuhan dapat dilakukan lebih cepat.

2. Lebih mempererat hubungan

Jika kita tahu pasangan sakit, maka seseorang pasangan akan lebih peduli dengan pasangannya. Jika belum terdeteksi sakit, pasangan bisa saling mengingatkan untuk menerapkan pola hidup sehat. Namun jika ada penyakit, ada baiknya saling menjaga dan merawat, sehingga kualitas hubungan juga semakin mesra dan harmonis

3. Bagusnya dilakukan setahun sekali

Medical check up sebaiknya dilakukan setahun sekali untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang. Ibaratnya, jika kita merasa sehat, tak ada salahnya mengupdate status kesehatan kita. Karena, ketika waktu berganti maka tak menutup kemungkinan terjadi perubahan pada kondisi tubuh seseorang.

 

dr. Anna Maria

Medical Check up diperlukan bagi mereka yang ingin mengetahui kondisi kesehatan seseorang. Namun, tahu kondisi saja tidak cukup. Perlu langkah nyata untuk mendukung kesehatan seseorang. Berikut beberapa anjuran yang dibagi oleh dr. Anna Maria, dokter umum dari klinik Medical Check Up RS Awal Bros Batam.

Pola Makan Sehat

Pola makan sehat yakni tepat jumlah, jadwal dan jenis. Tepat jumlah maksudnya, asupan makanan seperti kalori harus disesuaikan dengan kerja atau aktivitas badan. Jika aktivitas minim, maka asupan kalori juga semestinya sedikit. Begitu juga sebaliknya. Adapun tepat jadwal yakni pola makan harus rutin dan teratur, sedangkan tepat jenis yakni komposisi antara karbohidrat, protein, vitamin dan mineral harus seimbang.

Olahraga

Dalam seminggu, dianjurkan berolahraga minimal 3 kali. Durasi waktu ideal yakni berkisar 30 menit. Namun, tidak dianjurkan melakukan olahraga dengan mengakumulasi durasi waktu. Misalkan berolahraga seminggu sekali dengan durasi waktu 2 jam. Sedangkan jenis olahraga yang dianjurkan yakni senam, jogging dan juga renang. Olahraga yang baik dan teratur akan membantu badan lebih sehat dan fit.

Pikiran Tenang

Pikiran akan berpengaruh terhadap kesehatan badan kita. Berpikiran buruk dan cemas berpotensi menghasilkan toksis atau racun yang dapat merusak tubuh.

 

SUMBER: BATAM POS | 10 JANUARI 2013 | HAL. 27
Categories: Media Clipping and RS Awal Bros Batam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *