RS Awal Bros Pekanbaru Gelar Seminar Penanganan Kegawatdaruratan Urologi

PEKANBARU, TRIBUN – RS Awal Bros Pekanbaru, Selasa (6/6), gelar Seminar Penanganan Kegawatdaruratan Urologi bersama kalangan dokter yang datang dari berbagai unit kesehatan di Provinsi Riau.

Seminar tersebut digelar secara gratis. Para dokter yang sebagian besar berasal dari dokter umum, mendapatkan meteri dari dua orang dokter spesialis. Sebagai bentuk apresiasi atas kehadiran peserta seminar, RS Awal Bros Sudirman turut memberikan sertifikat.

Materi seminar pertama berjudul “Kedaruratan Urologi Fokus Pada Batu Saluran Kemih”, yang dibawakan oleh dr Ilham Wahyudi Masfar, Sp.U.

Ilham menjelaskan, kegawatdarutatan merupakan sebuah kasus yang dapat mengancam nyawa seorang pasien. Hampir di semua instansi kesehatan memiliki kasus kegawatdaruran, yang salah satunya adalah nyeri akibat batu pada saluran pembuangan air kecil.

“Ini patut kita angkat sebagai materi seminar, karena jumlah kasus penderitanya (batu di saluran kemih, red) banyak. Kalau penanganannya baik, maka kebanyakan pasien juga akan sembuh dengan baik,” jelas Ilham.

Penangan kedaruratan urologi batu saluran kemih diakui Ilham, pada dasarnya sudah dimiliki oleh para dokter yang menjadi peserta seminar. Namun, materi yang diberikan lebih kepada upaya mengingatkan kembali ilmu yang mungkin terlupakan oleh peserta.

“Jadi mereka bisa ingat lagi, kalau ada yang baru, ilmu mereka bisa bertambah. Harapannya adalah penanganan pada setiap pasien hasilnya lebih baik lagi ke depan,” ucap Ilham.

Materi kedua dengan judul “Diet Pada Penderita Batu Ginjal” dibawakan oleh dr. Imelda Goretti M Gizi, Sp.GK. Kepada Tribun Imelda mengatakan, Diet pada penderita Batu Ginjal adalah sebuah langkah pencegahan munculnya batu baru.

Salah satu upayanya adalah dengan cara pemberian makanan dan nutrisi yang seimbang.

“Jadi materi ini perlu kita sampaikan, agar jangan sampai terjadi kesalahan dalam memberikan informasi oleh para dokter (peserta, red) terhadap pasien mereka,” jelas Imelda.

Selain tatalaksana pembedahan dan pemberian obat pada pasein batu ginjal, diet juga menjadi hal yang amat penting untuk menjaga pola makan penderita.

“Jadi pasien yang biasa makan makanan yang tinggi asam urat, kita edukasi untuk mengurangi makanan tersebut. Ini sebenarnya bukan diet tertentu, tapi lebih kepada perubahan pola makan yang seimbang dan bergizi,” papar Imelda.

Manager Pengembangan dan Pemasaran RS Awal Bros Pekanbaru, dr.Jimmy Kurniawan,MKK menerangkan, sasaran pada kegiatan seminar itu adalah para dokter umum.

Harapan dari pelaksanaannya sendiri yaitu agar pelayanan primer di masyarakat seperti di Klinik dan Puskesmas dapat berjalan dengan maksimal.

“Kita di RS Awal Bros Pekanbaru melalui kegiatan seperti ini, ingin agar ilmu para dokter sama-sama update,” imbuh Jimmy.

Peserta dalam seminar Penanganan Kegawatdaruratan Urologi tidak hanya datang dari dokter yang ada di kota Pekanbaru, namun juga ada yang jauh-jauh dari luar daerah seperti Rengat dan Siak. Bahkan RS Awal Bros Pekanbaru juga mengundang dokter-dokter yang bertugas di berbagai perusahaan dan instansi yang ada di Bumi Lancang Kuning.

Seminar dengan tema Penanganan Kegawatdaruratan Urologi merupakan yang pertama kalinya digelar oleh RS Awal Bros Pekanbaru.

“Antusias peserta sangat bagus, meski ramadhan, namun yang datang kami perkirakan ada sekitar 100 orang dokter,” jelas Jimmy.

Salah seorang Dokter Umum yang menjadi peserta, Tarmizi, mengaku seminar yang digelar oleh RS Awal Bros Pekanbaru sangat bermanfaat bagi mereka (dokter umum) yang bekerja sebagai pemberi layanan primer di Masyarakat.

Dia menyebutkan, hal ini akan menjadi peluang bagi mereka untuk dapat menjawab pertanyaan masyarakat tentang penenangan batu ginjal yang tepat.

“Kami tentu sangat berterimakasih kepada Awal Bros. Apalagi bukan lagi kali pertama saya ikut di seminar-seminar yang digelar di sini, bahkan sudah tidak terhitung dan dokter-dokter yang menjadi pemateri pun sangat berkompeten di bidangnya,” beber Tarmizi. (cr2)

Sumber : Tribun Pekanbaru, 07 Juni 2017

 

Categories: Media Clipping and RS Awal Bros Pekanbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *