Ups, Berat Badanku Naik!

Memiliki bentuk tubuh ideal, merupakan impian banyak wanita. Namun, tahukah Moms banyak kebiasaan buruk yang tanpa disadari membuat gemuk. Apa saja? Ikuti ulasan dr. T.M Marini, Sp.Gk, M. Gizi dari RS Awal Bros Bekasi dibawah ini:

Kurang Tidur

Penelitian yang dilakukan Standford University dan University of Chicago menyebutkan bahwa kurang tidur termasuk kebiasaan yang paling sering dilakukan dan tanpa disadari bisa menambah berat badan. Mengapa demikian? Ini dikarenakan kurang tidur membuat hormon leptin menurun sehingga Anda akan merasa puas bila makan. Disisi lain, hormon ghrelin meningkat yang membuat nafsu makan juga menigkat.

Kurang Minum Air Putih

Bukan rahasia lagi kalau air putih memiliki banyak manfaat. Ternyata, air putih juga memengaruhi berat badan loh Moms! Ada kaitan peningkatan asupan air dan peningkatan penurunan berat badan. Idealnya kita disarankan minum 8 gelas sehari, dan waktunya dilakukan sebelum makan, dapat menurunkan berat badan sekitar 3 kg.

Tidak Sarapan Pagi

Tak bisa dipungkiri tubuh membutuhkan energi setelah berpuasa semalaman (tidur). Jika tidak sarapan tubuh akan memroduksi hormon ghrelin, dan rasa lapar di stimulasi oleh hormon ini. Sedangkan yang Moms perlukan ialah hormon leptin, sebab rasa kenyang distimulasi oleh hormon tersebut.

Ketika lapar berlebihan, akibatnya Moms akan makan-makanan yang berlebihan saat siang hari. Jika aktivitas Moms hanya didalam ruangan,  kalori akan disimpan dalam tubuh.

Mengonsumsi Minuman Berkalori Tinggi

Liquid Calories biasanya terdapat dalam soda dan minuman yang beralkohol. Selain itu Anda juga perlu menghindari kopi blended yang ditawarkan di kedai kopi, karena biasanya akan ditambahkan whip cream yang terbuat dari putih telur. Protein memang dapat membuat tubuh Anda merasa kenyang, namun whip cream sudah dicampur dengan susu dan bahan-bahan lainnya, tanpa disadari kalori yang sudah masuk ke tubuh Moms pun banyak.

Makan Sambil Nonton TV

Bersantai, makan sambil menonton TV memang aktifitas yang asyik dan menyenangkan, tapi ternyata kebiasaan ini menjadi faktor penyebab berat badan bertambah. Jadi, sediakan waktu dan tempat khusus untuk makan. Bila Moms makan sambil melakukan hal lain, misalnya menonton TV, maka otak tak dapat fokus bekerja dan mengenali rasa kenyang. Akibatnya, Anda akan cepat lapar kembali dan makan lebih banyak daripada yang dibutuhkan.

Stok Camilan di Kantor

Rasa lapar saat sedang bekerja memang bisa datang kapan saja. Untuk mengantisipasi, umumnya para wanita karir memiliki stok camilan di kantor. Tapi kebanyakan camilan yang ada merupakan camilan tak sehat dan berkalori tinggi. Kebiasaan ngemil sambil mengerjakan tugas kantor merupakan kebiasaan yang perlu dihilangkan loh Moms! Jika memang Anda ingin menyantap kudapan, sediakan camilan sehat di meja kantor misalnya buah atau biskuit gandum.

 

(Sumber: Tabloid Mom & Kiddie. Edisi 18 TH XI. 20 April-3 Mei 2017)

 

Categories: Media Clipping and RS Awal Bros Bekasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *