Waspadai ISPA Saat Mudik

Ilustrasi (Foto : Internet)

JAKARTA – Menjelang masa mudik, kesehatan merupakan hal yang sangat perlu diperhatikan. Salah satunya, Anda perlu mewaspadai Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), penyakit yang kerap menghantui dan seringkali menyerang para pemudik.

Biasanya penyakit ini diderita oleh para pemudik yang menggunakan sepeda motor maupun angkutan umum. Penyababnya tak lain karena debu yang bertebaran lalu dihisap oleh pemudik.

ISPA merupakan Infeksi atau masuknya kuman ke dalam tubuh manusia dan berkembang biak sehingga menimbulkan gejala penyakit pada saluran pernapasan yang berlangsung selama 14 hari atau lebih.

Dokter spesialis paru dan saluran pernapasan RS Evasari  dr Ni Nyoman Priantini Sp P mengatakan infeksi saluran nafas akut merupakan penyakit yang mudah sekali menular pada siapa saja dewasa maupun anak-anak.

“Terutama orang-orang yang memiliki kekebalan tubuh rendah seperti lanjut usia juga memiliki risiko yang sama karena sistem kekebalan tubuh mereka belum terbentuk sepenuhnya,” ucap dr Ni Nyoman.

Biasanya, gejala ISPA muncul sebagai respons tubuh terhadap racun yang dikeluarkan oleh virus atau bakteri yang menempel di saluran pernapasan. Contoh-contoh gejala ISPA antara lain Sering bersin, Hidung tersumbat atau berair, Nafas terasa sesak, Batuk-batuk dan tenggorokan terasa sakit, lemas dan demam, persendian terasa sakit, terutama ISPA karena virus.

“Apabila ISPA bertambah parah, gejala yang lebih serius akan muncul, seperti pusing, kesulitan bernapas, demam tinggi dan menggigil, tingkat oksigen dalam darah rendah, kesadaran menurun. Daya tahan tubuh menurun ini bisa menyebabkan gampang terkena ISPA,” jelas dr Ni Nyoman.

Pencegahan adalah cara terbaik dalam menangani ISPA, seperti menjalani pola hidup higienis, mulai mencuci tangan secara teratur selama perjalanan mudik, hindari menyentuh bagian wajah, terutama mulut, hidung, dan mata dengan tangan agar terlindung dari penyebaran virus dan bakteri, hindari merokok, mengenakan masker untuk mengurangi debu-debu yang kotor masuk ke dalam pernafasan.

“Perbanyak konsumsi makanan kaya serat dan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh, hindari kontak dengan penderita ISPA, olahraga secara teratur juga bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penularan infeksi,” pungkasnya.

(Sumber: https://lifestyle.sindonews.com/read/1214457/155/waspadai-ispa-saat-mudik-1497689421)

 

Categories: Media Clipping and RS Evasari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *