Menjunjung Tinggi Komunikasi “Teraupetik” Demi Kesembuhan Pasien

Komunikasi terapeutik adalah komunikasi yang mendorong dan membantu proses penyembuhan klien (Depkes RI, 1997). Northouse (1998) mendefinisikan komunikasi terapeutik sebagai kemampuan atau keterampilan perawat dalam berinteraksi untuk membantu klien beradaptasi terhadap stres, mengatasi gangguan psikologis dan belajar bagaimana berhubungan atau berinteraksi dengan orang lain.

Tujuan komunikasi teraupetik adalah membantu klien untuk memperjelas dan mengurangi beban perasaan dan pikiran serta dapat mengambil tindakan untuk mengubah situasi yang ada bila klien percaya pada hal yang diperlukan. Mengurangi keraguan, membantu dalam hal mengambil tindakan yang efektif dan mempertahankan kekuatan egonya.

Rini Amelia (30) mempercayakan proses persalinan keduanya kepada Awal Bros Panam. Ibu Rini menjalani persalinan normal dengan dibantu dokter spesialis kandungan dr. Dian Novianty Sp.OG. “Pengalaman lahiran dengan dr. dian sangat memuaskan. Dokternya sangat sabar, selalu beri spirit kepada saya selama menunggu bukaan lengkap. Dari jam 4 subuh saya sudah bukaan 4. Tetapi sampai jam 3 sore bukaan belum lengkap.”

“saya sudah pasrah ingin SC saja. Namun dr. dian selalu memberi spirit untuk tetap melakukan persalinan normal dan akhirnya pada pukul 17.40 saya bisa lahiran normal. Terimakasih dr Dian dan bu bidan lainnya.” Tutup Ibu Rini (HS)

Categories: Artikel and RS Awal Bros Panam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *