Tips Jaga Kesehatan Anak di Perjalanan Mudik agar Tidak Gampang Sakit

Ilustrasi (Foto:internet)

KETIKA Lebaran Anda sudah pasti mengajak anak untuk berkunjung ke sanak saudara, apalagi kalau harus melakukan perjalanan jauh. Lantas, apa saja yang harus dipersiapkan supaya anak nyaman bepergian dan tidak jatuh sakit?

Spesialis Anak dr Rosary, SpA dari RS Evasari Jakarta mengatakan, agar anak tidak jatuh sakit akibat lelah di perjalanan, tetap selalu jaga kebersihan diri mereka. Selain juga, seorang ibu harus memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

Dia pun berbagi tips menjaga kesehatan si kecil saat berada di kampung halaman. Berikut ulasannya yang dirangkum Okezone lebih lanjut.

Persiapkan baju ganti

Persiapkan pakaian yang nyaman untuk anak, tapi sesuaikan dengan cuaca di kampung halaman. Selalu persiapkan jaket, topi, selimut, dan kaus kaki. Sementara jika berada di tempat yang panas, bawa pakaian yang longgar dengan bahan yang menyerap keringat, juga siapkan topi, dan tabir surya.

“Disarankan untuk mengganti pakaian anak bila telah basah oleh keringat,” kata dr Rosary kepada Okezone.

Jika bayi masih mengenakan popok, usahakan untuk mengganti popok sekali ganti setiap 3-4 jam, agar daerah selangkangan tidak lembab.

Bawa makanan dan minuman

Selama di perjalanan, selalu bawa bekal makanan dan minuman. Jangan andalkan rest area atau lokasi makan di dekat Anda. Selain boros, kecukupan gizi dan higienitasnya tidak terjamin.

Bawa perlengkapan untuk kebersihan diri

Moms, sediakan tissue kering, tissue basah, lotion anti serangga, sabun dan hand sanitizer selama di perjalanan. Pergunakan di saat tangan anak kotor. Sering-sering cuci tangan menggunakan air mengalir agar tetap bersih dan sehat.

Bawa benda favorit anak

Mungkin si kecil punya barang favorit yamg membuatnya tidak bosan di perjalanan. Seperti buku atau mainan anak yang mudah dibawa. Kalaupun anak mudah bosan dengan bendanya, alihkan dengan perhatian lainnya.

Biasakan cuci tangan pakai sabun

Waktu sebelum makan dan saat mempersiapkan makanan, selalu cuci tangan dengan sabun. Kalau tidak ada, lap dengan tissue basah antiseptik atau sediakan hand sanitizer.

http://lifestyle.okezone.com/read/2017/06/21/481/1722126/tips-jaga-kesehatan-anak-di-perjalanan-mudik-agar-tidak-gampang-sakit

Categories: Media Clipping and RS Evasari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *