5 Tipe Orang seperti Ini Tidak Disarankan Menyetir Perjalanan Jauh

Ilustrasi (Foto : internet)

MATA harus bekerja untuk memacu konsentrasi saat menyetir. Nah, bila Anda berniat untuk pulang kampung mengendarai kendaraan pribadi, sebaiknya jangan menyetir.

Selain membahayakan diri, Anda juga dapat merugikan orang lain. Adapun kondisi seseorang yang tidak diperbolehkan menyetir yaitu sebagai berikut yang dirangkum Okezone, seperti yang dipaparkan oleh Spesialis Mata dr Gustri Kusuma Wardhani dari RS Evasari Jakarta.

Mata silinder

Penderita mata silinder tidak aman mengendarai mobil atau motor di malam hari. Penglihatan Anda akan tampak kabur, sehingga membuat tak nyaman. Lebih baik Anda menggunakan transportasi yang aman, asalkan tidak menyetir sendiri.

Glaukoma

Mata glaukoma juga dilarang nekat mengendarai kendaraan. Meski Anda terdiagnosa glaukoma ringan, tetap saja dampaknya tidak aman bagi penglihatan.

Penderita diabetes

Apa kaitannya penderita diabetes dengan gangguan mata ya? Ternyata, Anda yang menderita diabetes lebih dari lima tahun sangat rentan mengalami gangguan saraf mata. Karena itu, hindari menyetir saat perjalanan jauh karena rentan mengganggu konsentrasi.

Keratitis

Penderita keratitis mata juga sangat tidak diperbolehkan untuk berkendara. Penyakit ini disebabkan karena peradangan pada bagian kornea. Salah satu penyebabnya yaitu serangan virus herpes.

Lansia

Lansia atau orang di atas usia 60 tahun sebaiknya jangan menyetir. Karena semakin bertambah usia, kualitas penglihatan seseorang bisa menurun karena penuaan.

Categories: Media Clipping and RS Evasari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *