Mengatasi Anak Mabuk Kendaraan di Perjalanan Mudik

Ilustrasi (foto ; internet)

SAAT melakukan perjalanan darat, anak dangat rentan mengalami mabuk atau mual. Anda bisa

Mual dan muntah merupakan hal yang umum dialami anak-anak saat melakukan perjalanan. Ini terjadi saat kondisi tubuh anak mulai lemah.

Spesialis Anak dr Rosary, SpA mengatakan, bila anak memang sering mengalami mabuk kendaraan, sebelum berangkat dapat diberikan dulu obat untuk mengurangi mual dan muntah. Kalau perutnya kosong, berikan makanan yang tidak membuat perutnya terasa kembung.

“Saat anak mabuk segera atasi agar mereka tetap nyaman. Tapi mabuk kendaraan ini bisa dicegah sebelumnya,” kata dr Rosary lewat pesan elektronik yang diterima Okezone, baru-baru ini.

Selanjutnya, dokter dari RS Evasari Jakarta itu menjelaskan langkah untuk mengatasi anak jika mengalami mabuk kendaraan. Seperti apa?

– Setelah anak muntah dan kondisinya telah membaik, usahakan berikan minum yang cukup. Pilih air putih atau minuman hangat yang ramah di pencernaan.

– Gosok tubuh anak dengan minyak kayu putih atau minyak telon. Cara ini dilakukan agar tubuh anak terasa hangat.

-Ajak anak untuk melihat keluar jendela atau pemandangan yang jaraknya jauh. Dia akan merasa rileks selama masih di perjalanan.

– Kurangi pemakaian gadget karena bisa memicu anak mengalami sakit kepala. Selain itu, dampaknya juga membuat mata anak mengalami gangguan.

http://lifestyle.okezone.com/read/2017/06/21/481/1722136/mengatasi-anak-mabuk-kendaraan-di-perjalanan-mudik

Categories: Media Clipping and RS Evasari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *