Normal atau Sesar? Pahami dan Tentukan!

Dokter spesialis adalah dokter yang mengkhususkan diri dalam suatu bidang ilmu kedokteran tertentu. Seorang dokter harus menjalani pendidikan profesi dokter pasca sarjana (spesialis) untuk dapat menjadi dokter spesialis. Pendidikan dokter spesialis merupakan program pendidikan profesi lanjutan dari program pendidikan dokter, setelah seorang dokter menyelesaikan wajib kerja sarjananya dan atau langsung setelah menyelesaikan pendidikan dokter umum.
dr. Dian Noviyanty , Sp.OG wanita kelahiran November 1975 yang mengambil pendidikan dokternya di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan melanjutkan pendidikan spesialisnya di FK Universitas Sriwijaya Palembang ini lebih menganjurkan para ibu untuk melakukan proses persalinan secara normal. Disamping alasan lebih natural, proses persalinan normal banyak manfaat untuk ibu dan bayi. Seperti, ibu dapat meninggalkan rumah sakit lebih cepat, membangun sistem imunitas bayi, mengurangi faktor resiko masalah pernapasan pada bayi.

Akan tetapi, operasi Caesar terkadang harus dipilih karena berbagai alasan seperti, Ibu akan melahirkan bayi kembar, memiliki riwayat medis yang tidak mendukung untuk melahirkan secara normal (diabetes, tekanan darah tinggi, HIV, herpes atau masalah pada plasenta). Ukuran bayi cukup besar sedangkan ukuran pinggul ibu kecil, bayi dalam posisi sungsang, proses pembukaan yang terlalu lambat sehingga si bayi tidak mendapatkan cukup oksigen, serta pengalaman traumatik sang ibu yang sebelumnya pernah melahirkan secara normal. Ibu Rini Amelia (30) salah satu pasien yang memilih proses persalinan normal meskipun sebelumnya sempat akan menjalani operasi Caesar. Ibu Rini menjalani persalinan normal dengan dibantu dokter spesialis kandungan dr. Dian Novianty Sp.OG. “Pengalaman lahiran dengan dr. dian sangat memuaskan. Dokternya sangat sabar, selalu beri spirit kepada saya selama menunggu bukaan lengkap. Dari jam 4 subuh saya sudah bukaan 4. Tetapi sampai jam 3 sore bukaan belum lengkap.” Ucap Ibu Rini.

“Saya sudah pasrah ingin Caesar saja. Namun dr. dian selalu memberi spirit untuk tetap melakukan persalinan normal dan akhirnya pada pukul 17.40 saya bisa lahiran normal. Terimakasih dr Dian dan bu bidan lainnya.” Tutup Ibu Rini. (HS)

Categories: Artikel and RS Awal Bros Panam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *