Mata Indah & Tetap Sehat

Mata menjadi salah satu bagian yang sangat dibutuhkan semua orang saat berinteraksi langsung. Sebab, saat berkomunikasi non-verbal secara tatap muka, pandangan mata memberitahu banyak hal. Tidak heran jika dalam dunia kecantikan pun, mata menjadi salah satu fokus yang harus diperhatikan agar memberi kesan menarik dan tidak biasa.

Lifestyle terkait keindahan mata pun berkembang dan disesuaikan dengan kebutuhan setiap orang. Untuk memberikan kesan berbeda, ada satu di antara banyak cara yang ditempuh kaum hawa adalah dengan mengenakan lensa mata atau kontak lensa. Lensa mata ini memang dapat mewujudkan impian sebagian orang akan keindahan mata yang berwarna warni yaitu biru, coklat, hitam, bahkan hijau.

Warna-warna soft lens ini tentu akan menarik perhatian jika dikenakan. Apalagi jika sesuai dengan karakter kulit dan wajah, maka penampilan pun jadi lebih menarik. Selain produk kecantikan, kontak lensa juga termasuk produk kesehatan. Penggunaan soft lens untuk kesehatan bisanaya sudah mempunyai ukuran minus atau plusnya. Lalu, perbedaan minus atau plus untuk mata kanan dan kiri lebih dari angka tiga. Kontak lensa bisa pula untuk anak – anak yang selesai operasi dan orang tua yang selesai operasi katarak.

Awas Resiko Kebutaan

Para Miellennials yang menggunakan kontak lensa, harus mempertimbangkan saran dari Dr. Hafizah, SpM, spesialis mata di Rumah Sakit Awal Bros Batam. Menurutnya penggunaan kontak lensa paling lama adalah delapan jam sehari. Saat menggunakan kontak lensa, kornea mata akan tertutup sehingga setiap kedipan yang membawa air mata tidak dapat membasahi kornea secara sempurna.

Jika hal ini terus dibiarkan, akan berdampak paling berbahaya yakni infeksi kornea yang beresiko kebutaan. Awal mula infeksi kornea adalah mata perih, mata memerah, berair, bahkan sampai tidak bisa membuka mata karena sudah terlalu perih. “Selain penggunaan kontak lensa yang harus diperhatikan juga adalah cara penyimpanan, kebersihan, perawatan dan cara menggunakannya yang harus dilakukan secara benar sesuai dengan petunjuk. Persoalan higienis dalam menggunakan kontak lensa perl, saat pemasangan kuku tidak boleh panjang dan bukan kuku ekstention pula,” ungkap dr. Hafizah, SpM.

SUMBER: TRIBUN BATAM | SENIN, 10 JULI 2017 | HAL. 12
Categories: Media Clipping and RS Awal Bros Batam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *