Spa, Bantu Tumbuh Kembang Bayi

Spa bayi, selain dipandang sebuah tren juga memiliki berbagai manfaat untuk tumbuh kembang bayi. Salah satunya adalah meningkatkan kepadatan tulang dan mempercepat proses merangkak dan berjalan. Aktivitas yang dilakukan secara terus menerus terkadang membuat tubuh kita Lelah. Bayi pun sama. Berbaring menjadi aktivitas yang melelahkan. Hal ini terkadang mempengaruhi kualitas tidur si kecil.

Spa bayi merupakan salah satu bentuk perawatan tubuh dengan menggunakan air sebagai media utamanya. Perawatan ini tergolong sangat aman untuk bayi yang berusia sekitar 3 bulan hingga 6 bulan. Menurut salah satu pakar kesehatan anak mengungkapkan bahwa baby spa merupakan salah satu cara komunikasi non verbal yang bisa dilakukan oleh seorang ibu. Selain itu, manfaat baby spa sangat luar biasa untuk kesehatan dan tumbuh kembang bayi.

Terapis Spa bayi Rumah Sakit Awal Bros Batam, Anik Rochmawati mengatakan orang tua perlu memahami  satu hal yaitu bahwa spa untuk bayi berbeda dengan spa orang dewasa. “Baby spa ini dibagi menjadi dua sesi, yakni pemijatan dan berenang,” jelasnya. Prosedur ini dilakukan secara berurutan dan dimulai dengan pemijatan dahulu, agar tubuh bayi tidak mudah lelah dan bisa segera bersantai. Menurut The American Message Therapy Association, pemijatan terlebih dahulu sebelum berenang ini penting untuk menstimulasi saraf bayi dan melancarkan peredaran darah. “Kalau berenang dahulu, begitu dipijat biasanya bayi akan nangis, ujarnya”.

Pemijatan yang dilakukan saat spa bayi hanya berupa pijatan lembut dan tidak ada tekanan. Pijatan ini akan memberikan rasa nyaman pada bayi. Pijatan ini juga mempengaruhi kesehatan sistem kardiovaskuler terutama pada organ jantung bayi. “Setelah dilakukan pemijatan maka nafsu makan bayi akan senantiasa meningkat dan proses pencernaan berjalan lancar,” ungkap Anik. Selain itu, proses pemijatan pada baby spa akan membantu bayi tumbuh sehat dan menjauhkan bayi dari resiko kejang dan pegal – pegal. “Karena itu, baby spa ini bisa meningkatkan kualitas tidur bayi pada malam hari menjadi lebih baik,” terang Anik.

Anik melanjutkan, sentuhan dan pijatan yang dilakukan juga mampu menstimulasi kemampuan motorik bayi sehingga dapat tumbuh dengan baik, respon cepat dan tidak mudah menangis. Pada perawatan yang teratur, baby spa berguna untuk menjaga kesehatan pernafasan bayi. “Perkembangan kemampuan bayi akan lebih cepat meningkat dengan perawatan baby spa. Bahkan hasilnya akan menyebabkan bayi lebih aktif dalam bergerak sehingga kemampuan untuk merangkak dan berjalan akan berkembang dengan cepat,” jelas Anik.

Setelah proses pemijatan yang memakan waktu 30 menit, bayi selanjutnya akan diajak berenang di kolam kecil berair hangat. Latihan terapung di dalam air yang disertai dengan pemijatan lembut akan meningkatkan kepadatan tulang bayi dan mempercepat tumbuh kembang bayi. Dalam terapi ini, bayi yang bagian lehernya disangga pelampung akan bebas menggerakan lengan dan tungkainya, menyerupai keadaan di dalam kandungan.

“Para ahli menduga bahwa saat menendang – nendang dalam air, gelombang air akan menstimulasi bayi untuk melatih keseimbangan dan kemampuan koordinasi. Hal ini lalu dihubungkan dengan perkembangan kemampuan untuk merangkak, berjalan dan berenang di kemudian hari,” papar Anik. “Belajar berenang tidak direkomendasikan untuk anak di bawah 1 tahun, waktu berenangnya pun kisaran 10 – 15 menit saja,” tambahnya. Paket spa bayi ini umumnya diperuntukan untuk bayi berumur minimal 3 bulan. Jika dibawah usia tersebut, biasanya bayi hanya mendapatkan pemijatan saja, tanpa berendam. “RS Awal Bros juga memberikan promo baby spa sebesar 20 persen bagi orang tua yang ingin bayi mendapatkan perawatan ini. Spa bayi ini sangat penting untuk tumbuh kembang bayi,”tutupnya.

Sumber : Batam Pos | Minggu, 23 Juli 2017 | Healthy Living | Hal. 5
Categories: Media Clipping and RS Awal Bros Batam.

Comments

    • wahyu

      Jika pijat bayi hanya dilakukan treatment pijat saja ibu. Spa Bayi lebih dari sekedar memijat ibu ada juga berenang untuk merangsang motorik anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *