Temukan Informasi Seputar ASI dan Menyusui di Klinik Laktasi RS Awal Bros Pekanbaru

Air Susu Ibu (ASI) masih yang terbaik untuk bayi yang baru dilahirkan. Komposisi ASI berubah setiap saat sesuai dengan kebutuhan bayi dan bila diberikan dengan baik dan benar sebagai makanan tunggal dapat memenuhi kebutuhan bayi untuk tumbuh secara optimal sampai 6 bulan.

Berbagai kajian dalam 2 dekade terakhir makin memperlihatkan bahwa ASI adalah nutrisi terbaik dan terlengkap. Nilai Nutrisi ASI lebih besar dibandingkan susu formula, karena mengandung lemak, karbohidrat, protein dan air dalam jumlah yang tepat untuk pencernaan, perkembangan otak dan pertumbuhan bayi.

Kandungan nutrisinya yang unik menyebabkan ASI memiliki keunggulan yang tidak dapat ditiru oleh susu formula apapun. Susu Sapi mengandung jenis protein berbeda yang mungkin baik untuk anak sapi, tapi bayi manusia sulit mencernanya.

Rumah Sakit (RS) merupakan fasilitas pelayanan kesehatan individu, tempat kelahiran dan merupakan tempat dimulainya suatu kehidupan. Berkaitan dengan hal tersebut maka tatalaksana dan manajemen menyusui di rumah sakit ikut memegang peranan dalam keberhasilan sang ibu dalam menyusui anaknya. Dengan menyusui secara benar, diharapkan dapat mencetak manusia yang sehat, tangguh dan superior di masa yang akan datang.

Dalam rangka keberhasilan menyusui, penting bagi seorang ibu untuk mengetahui bagaimana posisi dan perlekatan menyusui yang benar. Posisi menyusui yang benar adalah bayi disanggah sehingga kepala lurus menghadap payudara dengan hidung menghadap ke putting dan badan bayi menempel dengan badan ibu (sanggahan bukan hanya pada bahu dan leher).

Sentuh bibir bawah bayi dengan puting, tunggu sampai mulut bayi terbuka lebar dan secepatnya dekatkan bayi ke payudara dengan cara menekan punggung dan bahu bayi (bukan kepala bayi). Arahkan puting susu ke atas, lalu masukkan ke mulut bayi dengan cara menyusuri langit-langitnya.

Masukkan payudara ibu sebanyak mungkin ke mulut bayi sehingga hanya sedikit bagian areola (area gelap sekitar puting) bawah yang terlihat disbanding aerola bagian atas. Bibir bayi akan menempel pada payudara dan puting susu terlipat di bawah bibir atas bayi.

Penyelenggaraan klinik laktasi yang khusus membantu menolong ibu menyusui juga sangat penting keberadaannya di rumah sakit yang melayani kelahiran.

Ibu dan bayi yang datang ke poliklinik karena masalah menyusui segera dilayani tenaga kesehatan yang bekerja di klinik laktasi. Bimbingan menyusui yang terus menerus terbukti meningkatkan keterampilan dan memantapkan ibu dalam menyusui bayinya.

RS Awal Bros Pekanbaru adalah salah satu rumah sakit yang sangat mendukung pemberian ASI eksklusif selama enam bulan dan menggalakkan pemberian ASI.

Berbagai program telah di terapkan di RS ini seperti IMD (Inisiasi Menyusui Dini), konseling masalah ASI dan menyusui pada ibu setelah melahirkan di ruang rawat inap kebidanan oleh konselor laktasi, meniadakan pemberian susu formula, rawat gabung ibu dan anak serta pembentukan Klinik Laktasi.

Klinik laktasi adalah tempat atau lembaga konseling bagi ibu atau calon ibu mengenai masalah menyusui. Di klinik laktasi, bunda akan mendapatkan banyak informasi yang dibutuhkan mengenai ASI dan menyusui, mulai dari manfaat ASI dan menyusui, cara menyusui yang benar, cara memerah ASI dan sebagainya.

Klinik laktasi siap membantu bunda mencarikan solusi untuk masalah menyusui. Bunda juga bisa sharing pengalaman dengan bunda-bunda yang lain tentang menyusui, yang pasti menambah pengetahuan dalam memberikan ASI bagi si kecil

.

Jadwal klinik laktasi RS Awal Bros Pekanbaru:

  1. Konsultan Laktasi, dr. Dewi Robinar, Sp. A (K), IBCLC, Selasa & Jumat (sesuai perjanjian)
  2. Konselor Laktasi, dr. Rara Puspita Impelleren, Senin sampai dengan Sabtu setiap pukul 09.00 – 15.00 WIB.
Categories: Artikel and RS Awal Bros Pekanbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *