Bersihkan Telinga Anak, Jangan Gunakan Cotton Bud yang Bisa Sebabkan Infeksi

ORANGTUA akan atau sesudah memandikan si kecil terburu-buru membersihkan telinganya dengan cotton bud. Waspadai Moms, hal ini bisa membahayakan dirinya seperti memicu infeksi.

Merawat kebersihan telinga si kecil sebenarnya mudah. Moms Tak perlu mengoreknya dengan benda asing.

Spesialis Telinga Hidung Tenggorok Dr Muhammad Ikhwan, Sp-THT-KL dari RS Evasari Jakarta menjelaskan, serumen atau kotoran telinga secara otomatis keluar dengan sendirinya. Jadi, orangtua tidak usah khawatir bila telinga si kecil tersumbat oleh kotoran.

“Telinga bisa bersih sendiri saat aktivitas makan mengunyah, bergerak, atau menguap. Engga perlu dibersihkan dengan cotton bud,” ujar dr Ikhwan saat ditemui di RS Evasari Jakarta, kawasan Rawasari, Jakarta Pusat, Senin 7 Agustus 2017.

Tapi terkadang, tambah dr Ikhwan, kotoran telinga yang mengeras tidak bisa keluar sendiri. Untuk membersihkannya, bisa pergi ke dokter karena lebih aman

Dokter THT akan memberikan cairan pencuci telinga yang aman berupa H2O2. Ketika telinga dibersihkan dengan cara ini juga membuat anak nyaman.

“Kalau ke dokter, orangtuanya juga bisa lihat saat telinga anak dibersihkan. Jadi, tambah yakin bisa aman,” tambahnya.

Karenanya, bila memaksa untuk membersihkan telinga sendiri, risiko infeksi akan muncul. Anak pasti sangat tidak nyaman dan rewel. Maka itu, waspadai Moms! Membersihkan telinga bukanlah Hal yang menyulitkan.

Gunakan air garam dan baby oil

Ada cara yang lebih tepat lainnya dalam membersihkan telinga, dan tanpa cotton bud. Berikut tips membersihkan telinga tanpa cotton bud seperti dilansir dari laman Boldsky:

Larutan air garam

Wah, larutan air garam bisa menyingkirkan kotoran telinga Anda sampai bersih lho. Caranya, rendam garam dengan menggunakan air hangat. Kemudian teteskan ke dalam telinga Anda. Teknik seperti ini diklaim aman oleh para dokter.

Baby oil

Ya, baby oil juga bisa digunakan orang dewasa untuk membersihkan telinga. Teteskan baby oil ke dalam telinga Anda, lalu diamkan beberapa menit. Namun, pastikan Anda tidak memiliki bakat alergi dengan penggunaan baby oil.

http://lifestyle.okezone.com/read/2017/08/08/481/1751634/bersihkan-telinga-anak-jangan-gunakan-cotton-bud-yang-bisa-sebabkan-infeksi

Categories: Media Clipping and RS Evasari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *