Sering Pakai Headset, Anak-Anak Terancam Alami Kerusakan Saraf Telinga

ANAK-anak yang sering bermain gadget kemungkinan tidak lepas dari kebiasaan menggunakan headset. Dalam hal ini, orangtua sebaiknya melarang anaknya untuk melakukan hal tersebut karena berbahaya loh.

Menggunakan gadget saja seperti ponsel, tidak disarankan kepada anak. Terlebih hanya agar anak tidak rewel, orangtua mencari jalan pintas dengan membiarkan mereka bermain gadget. Nah, apalagi jika ditambah penggunaan benda asing untuk telinga.

Ada banyak risiko penggunaan benda asing yang dimasukkan ke dalam lubang telinga. Salah satunya adalah penggunaan hedseat.

Bahkan, ukuran headset yang digunakan itu lebih besar dari lubang telinga. Akibatnya, telinga bisa luka lecet atau memicu gangguan saraf telinga.

Sayangnya, orangtua masih kerap membiarkan anaknya menggunakan headset sambil bermain gadget. Lalu, seperti apa sih bahayanya?

Dijelaskan Spesialis Telinga Hidung Tenggorok dr Muhammad Ikhwan Sp-THT-KL dari RS Evasari Jakarta, anak-anak yang terlalu sering menggunakan headset bisa memicu kerusakan saraf telinga. Menurutnya, bahayanya gangguan ini sifatnya adalah permanen.

“Orangtua harus mau melarang anak agar tidak menggunakan headset. Bahaya mengancam,” kata dr Ikhwan saat ditemui di RS Evasari Jakarta, kawasan Rawasari, Jakarta Pusat, Senin 7 Agustus 2017.

Adanya kerusakan saraf ini dipicu oleh gendang telinga yang pecah. Hal ini tentu dapat mengganggu aktivitas anak, seperti kita mereka sedang aktif bermain di luar rumah bersama teman-temannya.

Tanda awal dari masalah tersebut yakni anak secara tak langsung mengalami gangguan pendengaran. Hingga akhirnya ada masalah telinga berbunyi atau berdengung yang dialami oleh mereka,

Bila anak mengalami gangguan tersebut, segera konsultasi dengan dokter. Jangan diabaikan karena dapat memicu dampak buruk bagi pendengaran mereka.

“Dokter THT biasanya akan mengecek kondisi dalam telinga. Pendengaran juga dievaluasi,” imbuh Dr Ikhwan.

Sebelum terjadi, orangtua sudah seharusnya mencegah anak supaya tidak kecanduan memakai headset. Karena, bahayanya dapat mengancam kesehatan telinga mereka tanpa disadari.

http://lifestyle.okezone.com/read/2017/08/08/481/1751949/sering-pakai-headset-anak-anak-terancam-alami-kerusakan-saraf-telinga

Categories: Media Clipping and RS Evasari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *