Sering Muncul Flek Padahal Sedang Tidak Menstruasi, Pertanda Kanker Serviks Stadium Awal?

LADIES, bila Anda mengalami sering mengalami flek darah meski tidak sedang waktunya menstruasi, waspadai muncul gejala kanker serviks. Jangan diabaikan, karena banyak nyawa wanita terancam akibat penyakit tersebut.

Berdasarkan data WHO, setiap dua menit, satu wanita meninggal dunia akibat kanker serviks. Tapi kini penyakit tersebut dapat dicegah dengan deteksi dini berupa IVA Test, pap smear dan kolposkopi.

Spesialis Obstetri dan Ginekologi dr Berryl Imran SpOG mengatakan, gejala stadium awal dari kanker serviks sangatlah mudah dikenali. Tandanya, seorang wanita sering mengalami flek yang harus segera diatasi.

“Gejala stadium awal wanita akan mengalami perdarahan vagina yang abnormal. Atau yang paling mengkhawatirkan yaitu muncul flek yang tidak cepat selesai,” kata dr Berryl saat Penyuluhan CA Serviks bersama RS Evasari di Kantor Camat Cempaka Putih, kawasan Rawasari, Jakarta Pusat, Jumat (11/8/2017).

Ketika menstruasi, waktunya juga lebih panjang dan lama. Ditambah lagi setelahnya wanita mengalami keputihan dengan bau menyengat.

Flek atau perdarahan ringan ini terjadi akibat luka di sekitar organ leher rahim. Kondisi yang parah juga bisa ditunjukkan saat berhubungan seks bagi wanita yang sudah menikah.

Sementara itu, pada stadium lanjut, gejala kanker serviks juga ditandai dengan hilangnya nafsu makan. Akibatnya, pasien mengalami penurunan berat badan dan sering mengeluh kelelahan. Ada juga keluhan nyeri panggul, punggung atau tungkai. Saat buang air kecil, Miss V terasa perih.

Diagnosa yang cepat, wanita yang mengalami gejala tersebut harus melakukan IVA Test dan pap smear. Deteksi dini tersebut juga bisa dilakukan di puskesmas.

“Kalau sudah mengalami gejala minimal merasa mengalami flek, harus ke dokter. Jangan ditunda karena bisa memperburuk kondisi tubuh yang sakit akibat kanker serviks,” simpul dr Berryl.

http://lifestyle.okezone.com/read/2017/08/11/481/1754167/sering-muncul-flek-padahal-sedang-tidak-menstruasi-pertanda-kanker-serviks-stadium-awal

Categories: Media Clipping and RS Evasari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *