Anda Orang Yang Meletakkan Dompet di Saku Belakang? Waspada!

Apakah anda orang yang sering meletakkan dompet di saku belakang ? hati hati anda terdiagnosa Hip Pocket Syndrome (HPS).

HPS merupakan kondisi saraf dan tulang belakang yang terganggu oleh dompet di saku belakang celana yang menekan saraf saat duduk/berkendara. Tekanan ini mempengaruhi saraf tulang belakang, panggul dan selangkangan. Banyak orang yang tidak menyadari hal ini, Meletakkan dompet di saku belakang, maka akan menimbulkan ketidakseimbangan yang secara tidak sadar melibatkan otot, tulang dan yang paling penting adalah sistem saraf. Ketidakseimbangan ini membuat seseorang duduk cenderung miring dan mencoba untuk tetap menjaga keseimbangan yang berpusat pada panggul.

Kondisi ini kemungkinan melibatkan satu atau dua kurva kompensasi dari tulang belakang yang membuat posisinya menjadi tidak sejajar. Secara tidak sadar hal ini akan membuat bahu menjadi merosot. Itulah sebabnya meletakkan dompet di saku belakang bisa menyebabkan nyeri pada leher, punggung dan juga bahu.

Fisioterapis Rumah Sakit Awal Bros Panam, Edi Susanto, AMd. FT mengatakan dampak lebih lanjut dari HPS  jika tidak di tindaklanjuti, maka kondisi tulang dapat lebih condong ke satu sisi dan menyebabkan postur tidak simetris,  serta dapat menimbulkan keluhan yang lain seperti terjepitnya saraf yang berada ditulang belakang yang dapat menyebabkan nyeri atau bahkan kelumpuhan.

Edi Susanto juga  menyarankan, agar penderita HPS tidak lagi menyimpan dompet di saku belakang celana. Pada beberapa kasus, ini saja cukup untuk menghentikan rasa nyeri. Tetapi, pada kasus yang parah, perlu tindakkan lanjut. Di Rumah Sakit Awal Bros Panam penderita HPS akan di lakukan koreksi postur, pemanasan seperti infra red atau diathermy dan tindakan TENS atau stimulasi yang bertujuan untuk mengurangi nyeri. (HS)

Categories: Artikel and RS Awal Bros Panam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *