Cara Kurangi Mata Lelah Menatap Layar

Ilustrasi mata lelah karena menatap layar terlalu lama

Berhadapan dengan layar monitor baik ponsel atau komputer, sudah menjadi rutinitas yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia modern. Kegiatan ini menimbulkan efek samping ke mata karena kurangnya frekuensi berkedip. Dokter spesialis Mata Rumah Sakit Awal Bros Batam, dr. Hafizah, SpM mengatakan setiap mata berkedip akan memberikan nutrisi bagi lensa mata. “Karena itu, ketika menatap layar dalam waktu lama, mata terasa pedih dan Lelah. Ini dikarenakan kurangnya asupan nutrisi melalui proses berkedip,” kata dr. Hafizah.

Hal yang biasa terjadi ketika mata lelah adalah mata kering, perih, merah dan selanjutnya berair. Untuk jangka panjang biasanya akan berdampak pada turunnya kualitas hidup. “Pelajar biasanya akan lesu, insomnia, kurangnya nafsu makan hingga berdampak pada turunnya prestasi di sekolah”, sebutnya.

Dokter yang baru saja ikut serta dalam penghargaan Rekor MURI untuk operasi katarak dengan teknik fakoemulsifikasi kerjasama Pollux Habibie International dan Rumah Sakit Awal Bros Batam ini juga memperingatkan dampak menatap layar lainnya. “Jika menatap layar di ruang ber-AC, sebaiknya perbanyak juga minum. Karena ketika menatap layar frekuensi berkedip berkurang dan biasanya akan malas minum air,” terangnya.

Secara tidak langsung, keasyikan menatap layar ini, tidak hanya berdampak pada kesehatan mata tapi juga pada kesehatan ginjal. “Saking asik, akan lupa makan dan minum. Inilah yang harus diwaspadai,” ungkapnya. Rutinitas menatap layar ini, memang tidak bisa dihindari, namun efeknya bisa dikurangi. “Misalnya setiap satu jam, mata harus diistirahatkan minimal dua menit. Dengan cara menatap ke arah jauh atau memejamkan mata sejenak,” ujarnya. Usahakan juga untuk membiasakan diri berkegiatan di luar setiap harinya. “Jangan lupa untuk melindungi mata dari paparan sinar matahari secara langsung,” tutupnya.

SUMBER : BATAM POS | ZETIZEN | 23 AGUSTUS 2017 | HAL. 26
Categories: Media Clipping and RS Awal Bros Batam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *