Pentingnya Medical Check-Up

Kesehatan merupakan harta yang tak tenilai harganya. Ketika orang jatuh sakit, tentunya banyak kerugian yang akan dialami karena tak bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan lancar. Kesehatan yang prima hanya dapat diperoleh dengan investasi kesehatan sedini mungkin. Salah satunya adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan atau medical check up secara rutin.

Di masa kini, masih banyak orang yang menyepelekan medical check up. Ini dikarenakan seseorang tidak merasakan sakit, masih berusia muda, tidak ada waktu dan biaya, hingga takut mengetahui jika dirinya mengalami penyakit berbahaya.

Namun jangan sampai keliru. Nyatanya, tidak merasakan sakit bukan berarti diri seseorang sehat-sehat saja. Secara umum, seseorang mengatakan dirinya sakit karena ada keluhan yang muncul. Padahal dari sisi medis, kondisi sakit dinyatakan berdasarkan ada atau tidaknya penyakit.

Sebenarnya ketika seseorang merasakan tidak sakit, terdapat dua kemungkinan. Pertama, dirinya memang tidak terkena penyakit. Kedua, dari sisi medis sudah terkena penyakit, tapi gejalanya belum muncul. Ketika seseorang dihadapkan dengan kondisi ini, diperlukan kesadaran dan peran aktif untuk melakukan tindakan pencegahan (preventive strategy).

Medical check up menjadi salah satu jalan untuk mendeteksi penyakit secara dini. Medical check up sangat penting untuk mendeteksi penyakit akibat gaya hidup tidak sehat atau lifestyle disease. Di antaranya adalah diabetes, kelainan lemak darah, hipertensi. Lalu medical check up juga bisa mendeteksi gangguan atau penyakit pada organ penting seperti penyakit hati, penyakit ginjal, penyakit yang berpotensi membahayakan seperti penyakit kardioavaskular (penyakit jantung dan pembuluh darah).

Bahkan, medical check up secara berkala bisa mendeteksi penyakit kanker tertentu, walaupun tidak secara langsung. Oleh karena itu, medical check up bisa dikatakan merupakan langkah awal menuju ke arah diagnosis pasti dari penyakit yang diduga. Untuk memastikan diagnosisnya, perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan.

Sayangnya, medical check up lebih populer di kalangan orang dewasa dan orang tua, sedangkan anak-anak baru melakukan medical check up ketika memang kondisi kesehatannya memerlukan atau ketika ada gejala sakit. Padahal, medical check up sama pentingnya di setiap tahapan usia sebagai kebutuhan dasar setiap orang untuk menjaga kesehatan. Medical check up memiliki beberapa jenis tahapan seperti tahapan usia untuk bayi, batita, remaja, dewasa, dan lansia. Tiap tahapannya berbeda karena pada masing-masing kelompok usia memiliki risiko penyakit yang berbeda-beda.

Categories: Artikel and RS Awal Bros Panam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *