Bagaimana Melindungi Diri Anda Dalam Menularkan atau Tertular Konjungtivitis

Sumber Gambar : http://sweetpearls.com/

Dalam keseharian sering kita temui penderita mata merah atau bengkak,  berair, seperti berpasir, gatal, iritasi, atau terbakar, terdapat sekret, kerak pada kelopak dan bulu mata. Reaksi pertama orang-orang di sekitarnya kebanyakan menghindar bertatap muka dengannya, karena menurut mitos dapat tertular dengan cara adu pandang.

Konjungtivitis adalah peradangan yang terjadi pada konjungtiva atau selaput bening yang melapisi bagian depan mata, biasanya terkena satu mata tapi dalam beberapa jam dapat menyebar ke mata di sebelahnya. Cukup sulit menentukan penyebab pasti, karena beberapa gejala dapat terjadi tanpa memandang penyebab tertentu.

Konjungtivitis  yang sangat menular disebabkan : virus dan bakteri. Penyebab lain biasanya tidak menular, antara lain : zat penyebab alergi, iritan seperti asap atau debu.

Anda harus berkonsultasi ke Dokter Spesialis Mata bila : mata terasa nyeri, sensitif terhadap cahaya atau pandangan kabur, mata sangat merah, gejala memburuk atau tidak membaik, menderita penyakit yang menurunkan daya tahan tubuh seperti HIV atau mendapat terapi kanker, kondisi sudah ada sejak lama, mata merah pada bayi. Dokter akan mendiagnosis berdasarkan gejala dan riwayat keluarga.

Bagaimana Anda dapat melindungi dan terlindung dari penularannya?

  1. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, ajarkan anak-anak untuk melakukan hal yang sama, terutama setelah bersentuhan dengan penderita mata merah atau barang-barangnya;
  2. Hindari menyentuh atau menggosok mata, karena dapat memperburuk kondisi dan menularkan ke mata yang lain;
  3. Hindari menggunakan barang pribadi bersama, seperti make up, tetes mata, handuk, sprei, lensa kontak dan tempatnya, serta kaca mata;
  4. Jangan menggunakan produk mata yang sama untuk mata yang terinfeksi dan tidak terinfeksi;
  5. Stop menggunakan lensa kontak sampai diizinkan oleh Dokter;
  6. Bersihkan, simpan, dan ganti lensa kontak Anda sesuai instruksi Dokter.

Bila Anda membutuhkan konsultasi dengan Dokter Spesialis Mata, demi kenyamanan, Anda dapat menghubungi Customer Care RS Awal Bros Batam di 0778-431777 ext 1991/1992. Jaga mata kita agar tetap dapat menjadi jendela dunia, semoga bermanfaat.

Sumber Data : www.cdc.gov/pinkeye

Categories: Artikel and RS Awal Bros Batam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *