Mengenal Sinusitis

Sinus adalah rongga-rongga di wajah kita. Ada beberapa rongga di wajah kita. Sepasang rongga di pipi disebut sinus maksila. Dibelakang batang hidung ada dua rongga yaitu sinus etmoidalis. Pada dahi ada rongga sepasang juga disebut sinus frontalis. Dan terakhir rongga yang terdapat di belakang hidung paling belakang, sinus sphenoidalis.
Rongga sinus ini dilapisi mukosa yang menghasilkan lendir. Lendir ini dikeluarkan ke muara sinus setiap saat yang terdapat di dinding lateral hidung. Kemudian lendir itu akan dialirkan ke belakang hidung yaitu nasofaring, diteruskan ke tenggorok. Hal ini secara normal terus terjadi di tubuh kita sehingga lendir yang turun di tenggorok tersebut sering tidak terasa oleh kita.

Sinusitis adalah peradangan di rongga sinus yang membuat lendir dihasilkan berwarna kuning kental sampai kehijauan. Penyebab terjadinya sinusitis karena sumbatan pada muara sinus ke hidung. Penyumbatan ini diakibatkan oleh banyak hal. Diantaranya rinitis alergi, sehingga inflamasi mukosa hidung, menyebabkab struktur dalam hidung bengkak. Akibat bengkak ini muara sinus tertutup, sehingga lendir di sinus tidak lancar keluar. Lendir yang tertahan dan tidak lancar keluar media yang baik untuk berkembangnya bakteri. Terjadilah sinusitis.

Pilek yang lama tidak sembuh juga sering menyebabkan terjadinya sinusitis.Mekanisme sama dengan rinitis alergi. Lalu adanya tumor di hidung seperti polip, papiloma inverted dan kanker nasofaring. Tumor ini menutup muara sinus yang ada di hidung. Terakhir karena kelainan anatomi di hidung seperti hipertrofi konka dan septum deviasi.

Keluhan yang dirasakan penderita sinusitis yaitu ingus kental warna kuning sampai kehijauan. Hidung kadang berbau. Terasa berat di pipi, dahi atau dekat mata yang terasa makin kuat bila menunduk atau sujud. Hidung tersumbat dan terasa ada lendir yang turun dari tenggorok atas. Lendir yang turun di tenggorok atas ini disebut PND ( Post Nasal Drip) yang biasanya paling banyak saat pagi bangun tidur.

Pengobatan utama sinusitis adalah dengan obat-obatan. Terapi obat yang digunakan memiliki prinsip maksimal medikal terapi. Operasi adalah pilihan terakhir bila dengan obat tidak ada respon kecuali ada kelainan anatomi. Ada dua teknik operasi yaitu operasi cuci hidung dan BSEF ( Bedah Sinus Endoskopi Fungsional). BSEF operasi canggih yang minimal invasif dan biasanya sinusitis tidak akan berulang lagi.

Apa akibat yang ditimbulkan oleh sinusitis bila tidak diobati? Akan timbul infeksi di sekitar mata, bisul di area mata sampai kebutaan. Bila infeksi meluas ke otak terjadi kejang dan penurunan kesadaran. Dapat terjadi infeksi tulang (osteomielitis) sampai tumor pott puffy ( benjolan di daerah dahi)

Mengingat komplikasi sinusitis, maka jangan anggap remeh gejala ini. Segera berobat bila ada keluhan

 

dr.Hidayatul Fitri,SpTHT

Jadwal Praktek :

Senin s/d Jumat pkl 09.30 s/d 15.30 WIB

Sabtu : 09.30 s/d 14.00 WIB

Info dan Pendaftaran, hubungi Customer Care 08117510599

 

Categories: Artikel and RS Awal Bros Pekanbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *