Seminar Kesehatan Jantung Rumah Sakit Awal Bros Makassar

Makassar, 30 September 2017. Rumah Sakit Awal Bros Makassarmenyelenggarakan Seminar Promosi Kesehatan Sebagai Bagian Integral Pelayanan Rumah Sakit. Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Rumah Sakit Awal Bros Makassar dalam mendukung promosi kesehatan dan pelayanan kesehatan di rumah sakit yang terintegrasi. Audiens terdiri dari 100 peserta dari berbagai kalangan.

Dalam sambutan pembukaannya, dr. Merry Monica – Direktur Rumah Sakit Awal Bros Makassar menyampaikan “Pelayanan kesehatan di rumah sakit tidak bisa dilepaskan antara pelayanan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Pada upaya promotif dan preventif merupakan upaya pelayanan yang utama, karena pelayanan kuratif dan rehabilitative membutuhkan biaya yang sangat tinggi, sehingga dengan adanya upaya promotif dan preventif mampu menghemat biaya dan secara tidak langsung mampu meningkatkan pendapatan rumah sakit dengan waktu rawat inap lebih singkat.”

Hadir dalam seminar ini, narasumber – dr. Bambang Budiono, SpJP, FIHA, FAPSIC, FSCAI (Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh darah Rumah Sakit Awal Bros Makassar).

dr. Bambang dalam sesinya menyampaikan penyakit jantung koroner adalah penyebab kematian nomor satu di Indonesia. Padahal sebelumnya menduduki peringkat ketiga di Indonesia. Begitupun di negara lainnya. Oleh karena itu, dr Bambang mengimbau agar mengenali jantung dan fungsinya. Terutama menjaga jantung agar tetap sehat.

  

“Rata-rata jantung memompa berkisar lima liter darah per menit. Perlu diketahui, bahwa setiap sisi jantung memiliki atrium di atas dan vertikel di bagian bawah. Jantung ini dibagi empat ruang, yakni dua di sebelah kanan dan dua di sebelah kiri,” kata dr Bambang.

dr. Bambang menambahkan, penyebab gagal jantung bervariasi. Namun, penyebab utamanya biasanya adalah terhambatnya suplai darah ke otot-otot jantung. Hal ini dikarenakan pembuluh-pembuluh darah yang biasanya mengalirkan darah ke otot-otot jantung tersebut tersumbat atau mengeras.

Diharapkan seminar ini mampu meningkatkan pemahaman kebutuhan promotif yang komprehensif sebagai pilar utama kesehatan, mengembangkan upaya promotif secara terintegrasi di seluruh aspek pelayanan kesehatan di rumah sakit. Terima kasih para peserta yang telah berpartisipasi dan mendukung suksesnya seminari ini.

 

Categories: News and RS Awal Bros Makassar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *