Pasien Gawat Darurat Berhak untuk Mendapat Pelayanan Tanpa Alasan Apapun di Rumah Sakit!

SAAT mendapatkan pelayanan medis, tentu pasien harus mendapatkan kenyamanan dan keselamatan. Rumah sakit tidak boleh mengabaikan hal ini agar tak merugikan seorang pasien.

Apalagi kalau Anda golongan pasien triage atau gawat darurat. Mengacu pada prosedur yang tepat sesuai standar pelayanan demi keselamatan pasien.

Pihak rumah sakit tak boleh membedakan pasien dari segi apapun, termasuk dari proses pembiayaan. Tanpa alasan apapun, pasien gawat darurat harus mendapatkan pelayanan utama demi keselamatannya.

Ahli Manajemen Rumah Sakit Dr Dini Handayani, MARS mengatakan, pasien triage harus mendapatkan prioritas.

Pasien gawat darurat tidak boleh dibedakan dari segi apapun, termasuk ras, agama, hingga proses pembayaran terutama dengan asuransi.

Standar evidence base untuk pasien di seluruh dunia harus sama. Standarnya pasien diselamatkan dulu dan levelnya tidak boleh dibedakan,” ujar Dr Dini saat Media Gathering bersama Awal Bros Grup di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (11/10/2017).

Rumah sakit harus melayani dengan memberikan jaminan keselematan, keakuratan, hingga kenyamanan pasien. Saat pasien datang sampai pulang dari rumah sakit dipantau oleh tim medis.

Misalnya, ketika pasien harus masuk ICU dan belum mendapatkan ruangannya, bisa tetap mendapatkan pelayanan dan keselamatan pasien diutamakan. Termasuk dengan keluarganya, juga mendapatkan pelayanan sesuai hak dan kewajibannya.

“Penanganan di manapun harus sama, misalnya pasien butuh masuk ke ICU, semua layanan bisa didapatkan di IGD saat tidak mendapatkan ruangan,” bebernya.

Pasien juga tetap mendapatkan obat dan makanan sesuai prosedur yang berlaku di sebuah rumah sakit. Ketika pasien tak mendapatkan hak tersebut, Anda bisa menanyakan tim administrasi atau langsung bertanya dengan tim medis.

“Obat dan makanan pasien sangat kita awasi. Di ruang manapun, pasien harus mendapatkan pelayanan itu dan dijamin keaslian obatnya terjaga,” simpulnya.

(dno)

(Sumber: https://lifestyle.okezone.com/read/2017/10/11/481/1793484/pasien-gawat-darurat-berhak-untuk-mendapat-pelayanan-tanpa-alasan-apapun-di-rumah-sakit)

Categories: Grup RS Awal Bros and Media Clipping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *